UPACARA ADAT JOGO X JOGO KELURAHAN NOTOPRAJAN

Yogyakarta - Kamis, (27/10/2022). Dilaksanakan Upacara Adat Merti Kali Jogo X Jogo Kelurahan Notoprajan yang di hadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Forkompintren, Pimpinan Lembaga sekelurahan, Tokoh Masyarakat Kelurahan Notoprajan.

Upacara adat dilaksanakan dikampung Serangan Kelurahan Notoprajan, berbagai macam jenis kesenian di tampilakan pada Upacara Jogo x Jogo diantaranya Jathilan, Tari tradisional, Campursari, Karawitan, Bergadha dll. Upacara Adat Jogo X Jogo telah diadakan selama 4 kali pada tahun 2009, 2013, 2019 dan dilaksanakan kembali pada tahun ini.

Jogo X Jogo merupakan acara kesenian yang dibalut dengan pesan – pesan sosial yang bertujuan untuk ikut melestarikan alam yaitu menjaga sungai, dimana pelaksanaan acara ini diadakan di sungai winongo wilayah Kampung Serangan Kelurahan Notoprajan Kecamatan Ngampilan. Dengan adanya Upacara adat Jogo X Jogo ini diharapkan menjadikan momentum serta menggugah kembali warga masyarakat di pinggir sungai winongo untuk lebih peduli serta melestarikan budaya kebersihan demi keseimbangan lingkungan yang baik.