ANEKA LITERASI TERAPAN DI KAMPUNG BACA JOGOYUDAN

Literasi adalah hal yang sangat esensi bagi kemajuan bangsa dan kemajuan individu. Seluruh bangsa menyepakati bahwa budaya literasi dapat mengantarkan sebuah negara menjadi berperadaban. Budaya Literasi semakin strategis dalam menjawab permasalahan bangsa. Masayarakat literat sangat berkolerasi dengan kualitas manusia itu sendiri. Sehingga dipandang perlu mewujudkan ekosistem kolektif masyarakat berpengetahuan. 

Literasi merupakan salah satu langkah konkret untuk mengatasi kesenjangan sosial dalam masyarakat dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan yang bersumber dari buku sebagai sarana literasi. Oleh karena itu, upaya meningkatkan minat baca masyarakat mejadi bagian yang tidak terpisahkan dari program pembangunan. Terutama dengan mendekatkan bahan bacaan kepada masyarakat melalui Kampung Baca. Salah satu Kampung Baca di Wilayah Kelurahan Gowongan adalah Kampung Baca Jogoyudan. 

Pada bulan November ini Kampung Baca Jogoyudan mempunyai program Literasi Terapan yang bertujuan untuk menumbuhkan kembali minat baca masyarakat,karena dengan membaca kita bisa berkarya dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan masyarakat dalam berwirausaha. Tema literasi Terapan pada bulan ini adalah keterampilan membuat bunga kering/ herbarium, membuat pizza dan membuat pisang aroma.  Acara ini bertempat di Kampung Baca Jogoyudan dari jam 09.15 WIB sampai jam 12.30 dengan narasumber Ibu Khusnul.