Libatkan Milenial dalam Penguatan Ekonomi Melalui Koperasi

Gondomanan-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperinkop UKM) Kota Yogyakarta menggelar Smaradahana Jogja Exhibition KUKM 2022.

Dalam acara tersebut terdapat gelaran pameran koperasi dan UKM Kota Yogyakarta yang diikuti oleh 22 peserta.

Seluruh peserta ini merupakan koperasi percontohan yang dianggap sebagai koperasi modern atau koperasi yang sudah terdigitalisasi dari aspek layanan dan aktivitasnya.

Kepala Disperinkop UKM Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto mengatakan tujuan gelaran tersebut untuk mengenalkan para generasi muda terhadap dunia koperasi.

"Kegiatan ini menyasar para milenilal untuk menggeluti dunia koperasi, yang diyakini sarat nilai gotong royong tinggi," katanya di Taman Pintar, Sabtu (3/12/2022).

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan, memperkenalkan produk-produk unggulan dan menjaring investor.

"Sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan kebangkitan koperasi dan UKM pada tatanan era new normal," imbuhnya.

Pihaknya sengaja memilih tempat di Taman Pintar lantaran Taman Pintar merupakan wahana rekreasi dan edukasi, dimana hal tersebut bisa menjadi perhatian masyarakat, utamanya generasi muda.

"Dengan harapan jika anak muda yang terlibat, setidaknya digitalisasi layanan koperasi dapat makin optimal," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi, ia pun sangat menyambut baik acara tersebut.

Sumadi mengungkapkan bahwa Pemkot Yogyakarta sangat mendukung penuh agenda penguatan ekonomi, termasuk melalui koperasi dan UKM.

"Gerakan koperasi yang tumbuh dan berkembang disegala lapisan masyarakat diharapkan dapat mengambil peran strategis, sehingga dapat bermanfaat dalam upaya mengatasi kesulitan ekonomi," bebernya.

Oleh karena itu, lanjutnya, koperasi sebagai agregator dan akselerator usaha UMKM anggota, terus dimodernisasi agar dapat mewujudkan cita-citanya dalam mensejahterakan anggota dan masyarakat pada umumnya.

"Sehingga perannya mampu menjamin pemerataan ekonomi mewujudkan keadilan sosial," katanya.

Sumadi berharap pengelola koperasi di Kota Yogyakarta dapat segera beradaptasi dengan kemajuan teknologi masa kini. (Han