LIDIMAS Populerkan Ormas Jogja, Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta ajak Ormas agar Ber-SKTO dan tampil di Podcast

Yogyakarta (27/01/2023) - Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Organisasi Kemasyarakaran (LIDIMAS) Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta sukses dilaksanakan dengan mengundang berbagai Ormas di Kota Yogyakarta yang berlangsung di Pendopo Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta pada hari Kamis pagi ini. LIDIMAS merupakan kegiatan rutin per bulan dari Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan disetiap minggu terakhir. Sebanyak 9 Ormas yang hadir dalam LIDIMAS kali ini yakni: 1) Aliansi Buruh Indonesia, 2) Pemuda Wilayah Kota Yogyakarta, 3) HWDI, 4) yayasan Hari Berbagi, 5) FPN Kota Yogyakarta, 6) DHC 45 Kota Yogyakarta, 7) Pepabri Kota Yogyakarta, 8) IPSM Kota Yogyakarta, dan 9) Persikindo. Pada kesempatan Rapat LIDIMAS kali ini Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta mengajak Ormas di Yogyakarta untuk mendaftarkan SKTO (Surat keterangan Terdaftar organisasi)     

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas Widyastuti, S.S., M.Hum mengatakan LIDIMAS adalah ruang koordinasi dan konsolidasi antara Pemerintah dengan Ormas sebagai bagian pembangunan nasional. Pemerintah memiliki kewenangan untuk memberikan fasilitasi kepada Ormas sesuai Undang-Undang 58 tahun 2017 tentang Ormas. Oleh sebab itu ia meminta Ormas yang hadir untuk segera mendaftarkan di Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta agar memiliki SKTO. 

"Rekan-rekan Ormas sekalian, Kami beritahukan bahwa LIDIMAS atau Konsolidasi dan Koordinasi Ormas memiliki tujuan untuk tahu sama tahu mengenai kelengkapan administrasi  legal standing dari Ormas. Dengan demikian pemerintah dapat mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Ormas serta dapat berkolaborasi. Pemerintah juga memiliki kewenganan untuk memfasilitasi Ormas sesuai undang-undang yang berlaku" ungkapnya. 

Fasilitasi yang dilakukan oleh Pemerintah kepada Ormas melalui Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta yakni dengan mengajak Ormas untuk berpartisipasi dalam Podcast Sapa Mas Jo (Sapa Ormas Jogja). Podcast Sapa Mas Jo tersebut secara langsung akan dihadiri oleh Ormas sehingga Ormas dapat menyebarluaskan informasi mengenai profilnya kepada masyarakat. Dengan Kata lain Ormas dapat mempopulerkan organisasinya secara luas. 

"Badan Kesbangpol mengajak rekan-rekan Ormas sekalian untuk ayo ikut Podcast Sapa Mas Jo. Dengan ngobrol atau forum dengan platform digital kita bisa memperluas jangkauan informasi yang kita miliki kepada masyarakat luas. Dengan demikian masyarakat bisa jadi tahu akan eksistensi, visi & misi, tujuan dan kegiatan-kegiatan dari rekan-rekan Ormas" katanya. 

LIDIMAS dan Podcast memperoleh tanggapan yang positif dari Ormas. Putra sebagai perwakilan Ormas Forum Pemuda Nusantara (FPN) Kota Yogyakarta antusias dengan segera menjawab selalu siap kapan saja apabila Badan Kesbangpol Kota Yogykarta mengajak. 

"Kami FPN Kota Yogyakarta bersedia dan selalu siap apabila Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta mengajak kami untuk tampil di Podcast. Untuk kapan dan dimana kami akan menyesuaikan kebutuhan Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta" ungkap Putra dalam LIDIMAS pagi ini.  

Dorongan FPN Kota Yogyakarta tersebut membuat Ormas-Ormas lain termotivasi untuk ikut berpartisipasi. Tandrafatika perwakilan dari Ormas Yayasan Hari Berbagi melihat peluang dan manfaat dari Podcast Sapa Mas Jo tersebut pun meminta Badan Kesbangpol untuk menginformasikan perihal teknis dari Podcast tersebut. Bahkan ia memberitahukan bahwa yayasan Hari Berbagi telah menentukan bulan untuk Podcast Sapa Mas Jo tersebut.