Pemkot Gelar Lomba Desain Merchandise Ikonik Yogya

 Gondokusuman - Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perinkopukm) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Jogja Design Merch #1 yang dilaksanakan mulai 6 Maret hingga 17 April 2023. Penghargaan karya kolaborasi ini senilai total Rp 10 juta untuk tiga orang pemenang terbaik. Kepala Dinas Perinkopukm Kota Yogyakarta, Tri Karyadi menyampaikan latar belakang diselenggarakan lomba ini Kota Yogyakarta tidak bisa lepas dari sektor jasa dan pariwisata. Oleh karena itu, perlu adanya cindera mata atau merchandise khas Kota Yogyakarta yang iconic untuk para wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta.

“Jogja Design Merch #1 ini bersifat terbuka untuk siapapun dan akan dipilih 20 terbaik yang akan kita koneksikan kepada agregator sesuai ekosistem yang ada di Kota Yogyakarta seperti Pojok Dagadu selanjutnya akan dipilih tiga pemenang ,” ujar Tri Karyadi saat Jumpa Pers di Gedung Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) pada Senin (6/3).

Peserta Jogja Design Merch #1 ditujukan kepada khalayak umum dan tidak dibatasi umur peserta. Design dapat digambarkan dalam bentuk berwarna dengan teknik manual maupun digital. Gambar tersebut berukuran A4 meliputi kurikulum vitae peserta, gambar perspektif, motif atau ilustrasi dengan keterangan ukuran, material, teknik pembuatan serta konsep pemikiran desainnya. Hasil rancangan tesebut dapat dikirimkan melalui emai pdinyogyakarta@gmail.com dengan nama file dan subjek email JogDM2023_namapeserta.

“Kegiatan ini bukan semata-mata lomba apik-apikan (paling bagus) tapi bagaimana para peserta membuat desain dengan konsep yang terkonsep, tertata dan memiliki makna yang baik,” tambahnya.

Ketua Panitia Jogja Design Merch #1, Satya Brahmantya menegaskan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata mencari pemenang. Namun, membangun ekosistem dengan menciptakan talenta-talenta baru yang berkontribusi untuk Kota Yogyakarta. 

“Seperti yang disampaikan Kepala Perinkopukm Kota Yogya Tri Karyadi kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh warga Indonesia. Kategori kita itu umum jadi tidak dibatasi usia, pelajar, mahasiswa, pemula atau designer handal. Semua bisa mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Jogja Design Merch #1 bekerja sama dengan Fakultas Hukum UII terkait hak cipta masing-masing peserta untuk melindungi karya dengan Intellectual Property (IP). Kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi fasilitator yang menjembatani desainer dengan (Industri Kecil Menengah) IKM dan terjalin hubungan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.

“Kami berharap, bulan Juni, Juli dan Agustus design yang masuk diperjualbelikan. Kami juga agak terburu-buru karena kami juga berharap ketika lebaran nanti design-design ini sudah diproduksi bahkan bisa diperjualbelikan,” tambahnya. (Chi)