Baznas Kembali Buka Pesantren Dhuafa Selama Ramadhan

Umbulharjo-Berbagai kegiatan telah disiapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Selain menggelar aksi bersih masjid dan perbaikan alat pengeras suara di tempat ibadah, Baznas Kota Yogyakarta juga akan menggelar Pesantren Dhuafa Ramadhan yang akan dipusatkan di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta.

Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Syamsul Azhari mengatakan program tersebut bertujuan mengajak masyarakat Kota Yogyakarta untuk fokus beribadah dan mendalami ilmu agama selama satu bulan penuh.

"Program ini diperuntukkan bagi masyarakat Kota Yogyakarta yang bekerja serabutan seperti kuli, buruh bangunan, dan tukang becak," bebernya ketika ditemui di kantornya, Rabu (8/3/2023).

Sejumlah kegiatan yang dipersiapkan dalam pesantren tersebut diantaranya adalah sholat berjamaah, siraman rohani, pengajian, berbuka puasa bersama, tarawih, tadarus Al-Quran, dan sholat lail serta i`tikaf.

"Jadi selepas subuh mereka bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dan kembali lagi ke masjid saat sore hari untuk mengikuti kegiatan hingga subuh," katanya.

Selama mengikuti program ini para peserta juga akan dibekali insentif sebesar Rp1,5 juta, terdiri dari uang tunai sebesar Rp1 juta serta bantuan sembako dan peralatan ibadah senilai Rp500 ribu.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa datang langsung ke kantor Baznas Kota Yogyakarta yang berada di Komplek Balaikota. Pendaftaran tersebut dibuka hingga 13-3-2023 mendatang.

"Syaratnya adalah ber-KTP Kota Yogyakarta, membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) serta mau menginap di masjid selama bulan Ramadhan," jelasnya. (Han)