Jogja Design Merch Salurkan Kreativitas Desain Melalui PDIN

Gondokusuman - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya dalam memajukan UMKM dan mempromosikan produk-produk lokal sebagai ajang menarik para wisatawan untuk datang ke Kota Yogyakarta.

Salah satunya dengan melaksanakan Jogja Design Merch di Gedung Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) Kota Yogyakarta, Senin (13/3). Kegiatan ini sebagai salah satu wadah bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya agar semakin banyak inovasi baru yang muncul di Kota Yogyakarta.

"Diharapkan PDIN ini menjadi rumah bersama bagi masyarakat untuk menguatkan ekosistem dan meningkatkan kolaborasi, jejaring sosial serta kreativitas masyarakat dalam satu wadah yakni dengan memanfaatkan Gedung PDIN dengan cermat," ujar Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

Ia mengatakan, dalam hal ini pemerintah mendukung penuh upaya yang dilakukan untuk menciptakan sebuah ekosistem kreatif melalui Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperinkop UMKM) Kota Yogyakarta yang bekerjasama dengan PDIN ini.

"Kita mendukung penuh dengan menyediakan fasilitas tempat yang sangat nyaman. Kemudian kami terus melakukan kolaborasi tidak hanya tentang ide-ide kita tidak hanya bicara soal rumusan tetapi kita juga membahas soal eksekutif itu yang dinamakan kolaborasi. Dengan dukungan industri kreatif yang mampu melahirkan talenta-talenta baru untuk memperkuat branding Kota Yogyakarta sebagai Kota Wisata," jelasnya.

Selain itu, menurutnya peran kolaborasi dengan berbagai pihak juga dibutuhkan, agar UMKM dan IKM yang juga pelaku desain di Kota Yogyakarta semakin maju dan berkembang.

"Ini merupakan rumah bersama yang sudah hadir, mari kita aktifkan pelaku kreatif untuk hadir dan melakukan kegiatan disini. Sehingga potensi yang ada dapat menyatu dan meningkatkan kreativitas sehingga menjadi luas dan semakin banyak," jelas Kepala Dinas Perinkop UMKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto saat diwawancara.

Selain itu, dalam kegiatan ini mampu mengajak lebih banyak pelaku UMKM untuk ikut berkontribusi bersama Pemerintah Kota Yogyakarta untuk terus meningkatkan kreativitas terutama di bidang design, fashion dan riset.

"Setidaknya itu akan membawa dampak yang luar biasa bagi pariwisata di Kota Yogyakarta, karena berbicara pariwisata tidak lepas dengan UMKM," ujarnya.

Pihaknya mengungkapkan, acara diskusi ini akan berlangsung sampai bulan Juni 2023 agar para pelaku usaha memberikan karya terbaiknya melalui diskusi tersebut. "Kita konsisten dengan tiga komoditas dengan mengunggulkan bidang riset dan desain seperti perkayuan, logam, kemudian fashion," katanya.

Pada kesempatan ini, Tri Karyadi mengatakan, peserta diskusi bersama pada kegiatan Jogja Design Merch ini dihadiri dari asosiasi, perguruan tinggi, pemerintahan, komunitas, dan terakhir dari praktisi. "Saya berharap pastinya biar nanti para asosiasi paling tidak aware dulu dengan PDIN, makanya dilaksanakan disini. Kemudian harapannya inovasi-inovasi kreativitas itu muncul di PDIN," jelasnya.

Selanjutnya, Inisiator PDIN Kota Yogyakarta Satya Brahmantya mengatakan, kegiatan ini murni untuk memberikan perhatian bagi pelaku UMKM di Kota Yogyakarta agar terus berkarya dan memberikan inovasi-inovasi terbarunya yang bisa diolah melalui PDIN.

"Ini murni dari kualitas desain ekosistemnya, melalui pemerintah potensi-potensi yang mereka milikiĀ  bisa disalurkan di PDIN. Semoga Kota Yogyakarta makin banyak pelaku UMKM yang terus tumbuh dan kreatif,"ujarnya. (Hes)