Raih Penghargaan UHC 2023, Pemkot Yogya Targetkan 100 Persen Warga Tercover JKN

Umbulharjo - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023 dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada 14 Maret 2023 di Balai Sudirman Jakarta.

Penghargaan UHC 2023 JKN tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani.

"Ini merupakan bentuk komitmen Pemkot Yogyakarta untuk selalu mempertahankan UHC sehingga bersama-sama dapat terus melindungi warga Kota Yogyakarta karena bagaimanapun kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia. Sehingga jaminan kesehatan ini menjadi penting," jelas Emma saat diwawancarai, Rabu (15/3).

Emma mengatakan, penghargaan itu diraih karena Pemkot Yogyakarta masuk dalam target minimal 95 persen dalam JKN yakni Kota Yogyakarta mencapai nilai hingga 97,90 persen.

Sehingga total dari jumlah penduduk Kota Yogyakarta yang tercover asuransi BPJS Kesehatan itu sudah mencapai 97,90 persen. "Adanya penghargaan UHC ini kami menargetkan untuk ke depannya Kota Yogyakarta bisa tercover sampai 100 persen dalam JKN," ujarnya.

Perlu diketahui, dalam Penghargaan UHC Tahun 2023 ini ada sekitar 22 Gubernur dan 334 Walikota/Bupati se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Pihaknya mengungkapkan, penghargaan ini menjadi motivasi bersama kepada seluruh steakholder terkait untuk meningkatkan pelayanan agar warga Kota Yogyakarta bisa seluruhnya tercover kesehatannya melalui BPJS.

"Kami akan berusaha terus dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Semua sudah terlindungi namun masih ada dua persen jumlah penduduk Kota Yogyakarta yang harus dilindungi. Kita selalu mengupayakan dengan sosialisasi dan kerjasama lintas sektoral agar semua penduduk Kota Yogyakarta bisa semua tercover," katanya.

Selain itu, Emma menghimbau kepada seluruh warga yang sudah tercover BPJS untuk selalu tepat membayar premi BPJS agar pelayanan kesehatan juga dapat berjalan dengan lancar.

"Harapannya masyarakat juga secara disiplin membayarkan premi BPJS mereka agar mendapatkan jaminan kesehatan tanpa terkecuali. Selain itu juga diharapkan melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar badan tetap sehat dan produktif," jelasnya. (Hes)