Pemeriksaan Kesehatan untuk Penggiat Kebersihan di Kota Yogya

Gondokusuman - Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengikuti Peringatan HUT Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kota Yogyakarta ke-49 yang diselenggarakan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Jumat (17/3). Kegiatan ini dimeriahkan dengan pemeriksaan kesehatan bagi 100 penggiat kebersihan yakni penggerobak dan penyapu jalan sebagai bentuk apresiasi ikut mendorong program zero sampah anorganik dari pemerintah.
Ketua DPD PPNI Kota Yogyakarta Subowo Hadi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kasih atau apresiasi DPD PPNI Kota Yogyakarta dalam menghormati para penggiat kebersihan yang terus menggalakan zero sampah anorganik. Harapannya semua penggiat kebersihan dapat diberikan kesehatan dan terus berperilaku hidup sehat.
“Kami mengajak 100 penggiat kebersihan yakni seperti penggerobak dan penyapu jalanan yang dikelola DLH Kota Yogyakarta yang terus bekerja namun harus tetap berperilaku hidup sehat. Oleh karenanya, kami melakukan pemeriksaan dan penyuluhan Kesehatan agar kondisi Kesehatan tidak terabaikan,” jelasnya.


Hingga saat ini anggota DPD PPNI Kota Yogyakarta di 15 komisariat berjumlah 4410 anggota. Diharapkan dengan banyaknya anggota ini bisa secara maksimal memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya dengan memberikan pelayanan Kesehatan jika sewaktu-waktu dibutuhkan saat terjadi bencana.
“Kami siap dilibatkan dalam klaster Kesehatan. Dimana jika terjadi bencana kami siap digandengan dan dihubungi sewaktu-waktu guna membantu masyarakat di bidang Kesehatan,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada segenap Pengurus DPD PPNI Kota Yogyakarta. Ia berharap di usia yang semakin matang ini, DPP PPNI Kota Yogyakarta makin maju dan semakin meningkatkan profesionalitas, kinerja, serta senantiasa meningkatkan kompetensi masing-masing para anggotanya.


“Semoga dengan semakin bertumbuh usianya, unsur kepentingan untuk menjamin pembangunan yang optimal semakin matang dan dewasa, sehingga mampu menguatkan pembangunan ekosistem kesehatan terutama di Kota Yogyakarta,” katanya.
Pihaknya juga berharap DPD PPNI Kota Yogyakarta terus memperhatikan masyarakat penggiat kebersihan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, dan pemberian paket sembako sebagai upaya mendukung pembangunan Kota Yogyakarta di bidang kesehatan.
“Saya juga berharap, di dalam penguatan kesehatan bagaimana DPD PPNI Kota Yogyakarta terus melakukan pembangunan interaksi kepada berbagai unsur yang lain. Sehingga terus melakukan upaya secara fakta dengan berkolaborasi bersama pihak lainnya untuk memajukan pembangunan di Kota Yogyakarta,” jelasnya. (Hes)