Komitmen Kota Jogja Wujudkan Pemilu 2024 Damai

Umbulharjo – Kota Jogja adalah jendelanya DIY, maka harus ada sinergi antar semua komponen penyelenggaraan Pemilu, mulai dari pemerintah, kepolisian, TNI, kejaksaan, tokoh agama dan masyarakat untuk berkolaborasi bersama.

Hal tersebut dikatakan Ketua Bawaslu DIY Sutrisnowati, pada Deklarasi Pemilu Damai Ikrar Bersama Cinta Jogja, di Komplek Taman Makam Pahlawan Yogyakarta, Senin (20/3).

Menurutnya Kota Jogja sebagai miniatur Indonesia yang dalam indeks kerawanan Pemilu masuk kategori rawan sedang, harus dijaga agar tidak ada pemicu buruk dalam penyelenggaraan Pemilu di tahun 2024.

“Tentu kita saling berkomitmen agar penyelenggaraan tiap tahapan Pemilu dapat berlangsung secara damai, bermartabat, berintegraitas, serta terhindar dari hoaks ataupun politisasi SARA dan ujaran kebencian,” ujarnya.

Sutrisnowati juga mengatakan, dalam kegiatan Deklarasi dihadiri semua komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu. Termasuk perwakilan 18 partai politik beserta organisasi sayapnya yang akan menjadi peserta Pemilu 2024.

“Pemilu itu adalah hajatnya rakyat, bukan hanya Bawaslu, KPU ataupun pemerintah saja, tapi semua komponen. Deklarasi ini menjadi penanda janji kita bersama untuk berkomitmen, bahwa dalam proses tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, akan mengedepankan demokrasi yang santun, damai, bermartabat, dan berbudaya,” terangnya.

Sejalan dengan itu, Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi menyampaikan, deklarasi yang dilaksanakan di Komplek Taman Makam Pahlawan, memiliki makna bagaimana agar terus meneladani para pahlawan yang telah gugur, untuk terus menjaga Kota Jogja yang aman dan nyaman.

“Deklarasi ini tidak hanya menjadi acara seremonial, tapi benar-benar kita resapi dan rasakan secara ikhlas di hadapan para mendiang pahlawan, serta dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, untuk mewujudkan Pemilu 2024 secara adil, transparan, dan damai,” ungkapnya setelah lakukan ziarah dan doa bersama di Taman Makam Pahlawan.

Sumadi berpesan dan mengajak masyarakat secara menyeluruh, agar selama tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat terus menjaga Kota Jogja tetap berhati nyaman.

“Kami ajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, sebentar lagi Pemilu 2024 yang tahapan pelaksanaannya sudah dimulai ini akan segera hadir, jangan golput, dan pilihlah sesuai dengan hati nurani masing-masing,” ajaknya. (Jul)