Mengasah Keterampilan Membatik Ecoprint  dan Kontemporer melalui Literasi Terapan

Literasi Terapan merupakan kegiatan yang semakin akrab didengar oleh masyarakat Kota Yogyakarta. Aktivitas peningkatan keterampilan berbasis perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta ini menjadi kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. 
Dalam bulan Mei 2023 ini, kegiatan Literasi Terapan dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Buku Nasional. Tema yang diangkat dalam Literasi Terapan kali ini yaitu Kreasi Pewarnaan Kain Modern, seperti ecoprint dan batik kontemporer berupa batik lukis dan shibori.
Permintaan masyarakat terhadap tema ini cukup tinggi, antara lain karena banyaknya sumber daya alam di lingkungan yang belum dimanfaatkan secara maksimal, seperti kayu, bunga, dan dedaunan. Selain itu, hasil dari pembuatan kain ecoprint ini menjadi karya yang unik, elegan dan memiliki nilai jual yang tinggi. 


Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di Pevita dan beberapa Kampung Baca, dengan masing-masing peserta 25 orang per kegiatan. Dalam pelaksanaannya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kampung Baca Jogokaryan, Kampung Baca Terban, Kampung Baca Taman, Kampung Baca Jlagran, dan Kampung Baca Karangwaru. 
Kegiatan Literasi Terapan ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat mengenal, mengetahui dan mampu mempraktikkan proses membatik dan mewarnai kain modern seperti Ecoprint, Batik Lukis dan Sibori. Di samping itu, kegiatan literasi terapan diharapkan dapat meningkatkan kegemaran masyarakat ke perpustakaan dan membaca, dalam upaya mengembangkan kemampuan serta keterampilan, agar menjadi masyarakat yang berdaya dan sejahtera. [Ank]