Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional

Memasuki usia lanjut usia (lansia) setiap orang tentu akan mengalami fase penuaan yang meliputi terjadinya penurunan kekuatan fisik serta kesehatan sehingga cenderung meningkatkan kerentanan.

Dalam rangka menyambut Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada 29 Mei 2023, Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta bersama GKR Bendara menyelenggarakan Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh bertempat di Pendopo Kemantren Umbulharjo pada Kamis (25/04/2023).

Hadir dalam acara tersebut GKR Bendara, Kepala Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Daerah Istimewa Yogayakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Forkopimca, Lurah, PKB/PLKB, jajaran staf Kemantren Umbulharjo dan sejumlah peserta lansia yang ada di wilayah Kemantren Umbulharjo.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.I.P, M.Si menjelaskan dalam sambutannya mengenai jumlah lansia di Kota Yogyakarta yang terus mengalami peningkatan (data terakhir berjumlah 14,04%) sehingga perlu mendapat perhatian lebih lanjut. Berbagai upaya dilakukan dengan tujuan agar para lansia tetap sehat, produktif, bahagia di usia senja dan turut berkontribusi dalam pembangunan.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, sikap dan perilaku yang  cukup dan mendalam kepada keluarga dan lansia demi terwujudnya Lansia Tangguh yang tetap sehat, mandiri, sejahtera dan produktif. Narasumber dari Dosen Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ibu Dr. Arum Febriani, S.Psi, M.A menjelaskan mengenai konsep dasar tentang 7 (tujuh) dimensi lansia tangguh, permasalahan yang dihadapi serta keterampilan yang harus dimiliki kader pendamping lansia ditinjau dari dimensi spiritual, dimensi intelektual, dimensi fisik, dimensi emosional, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi profesional dan vokasional, dan dimensi lingkungan. 

Dalam kesempatan ini, GKR Bendara melakukan kunjungan ke rumah lansia perawatan jangka panjang (PJP) yang ada di wilayah Umbulharjo dan memberikan bantuan berupa alat bantu jalan bagi lansia. Selain itu, terdapat pula penyerahan bantuan berupa paket sembako dari Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Rumah Zakat, pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia serta bazar usaha lansia.