Sumber Air PDAM Tirtamarta Melimpah dan Aman Dikonsumsi

Sleman-Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo memastikan sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta aman dikonsumsi. Hal tersebut dibuktikannya dengan cara meminum langsung air dari mata air Umbul Wadon dan Umbul Lanang.

Sebagai informasi kedua umbul yang berada di lereng Gunung Merapi ini merupakan sumber air baku PDAM Tirtamarta.

Singgih Raharjo mengatakan pihaknya sengaja meninjau lokasi tersebut untuk mengecek kualitas air baku di Kota Yogyakarta. "Ternyata airnya sangat bersih dan jernih, Untuk debit airnya sangat melimpah" jelasnya di lokasi, Rabu (31/5/2023).

Selain mengecek kualitas air baku, pihaknya juga mengecek sistem perpipaan yang ada, lantaran beberapa waktu lalu pipa di area tersebut sempat terputus akibat longsor yang terjadi di tebing plunyon.

"Ini juga untuk mengecek sistem perpipaan yang ada, kalau ada yang bocor atau rusak, akan langsung dilakukan perbaikan," ungkapnya.

Sebelum meninjau dua umbul tersebut, Ia juga menyempatkan melihat Instalasi Pengolahan Air (IPA) Padasan yang berada di Kapanewon Pakem, Sleman.

IPA tersebut berfungsi untuk menampung air dari dua umbul tersebut dan kemudian dialirkan untuk para pelanggan.

Sebagai informasi PDAM Tirtamarta memiliki beberapa titik lokasi IPA, diantaranya terletak di Dusun Bedog, Karanggayam, Gemawang, Pengok, Kotagede, dan Padasan. Keenam IPA ini rutin dilakukan pengecekkan dan kontrol peralatan.

Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya mengatakan jika pihaknya rutin melakukan pengurasan bak reservoir di IPA tersebut.

"Pengurasan bak reservoir ini untuk menjaga kualitas produksi air bersih. Karena kalau tidak dikuras banyak mengandung lumpur," katanya.

Selama proses tersebut, tambahnya, suplai air ke pelanggan tidak mati, namun hanya sedikit ada pengurangan tekanan.

Sementara terkait pipa yang beberapa waktu lalu putus kini telah diperbaiki. "Setelah mendengar berita tersebut, kami langsung menerjunkan tim untuk memperbaiki pipa tersebut," jelasnya (Han)