Jogja Art Night Tampil Memukau di Bali

Badung - Kolaborasi seni budaya antara Jogja dan Bali dikemas dengan apik, dalam Jogja Art Night dengan pertunjukan wayang musikal Brubuh Alengka.

Sajian wayang musikal yang dipadukan dengan seni tari, musik, wayang gaya, dan visual animasi tersebut melibatkan 60 seniman, dan berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 24 hingga 25 Juni 2023, di Beachwalk Kuta, Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti menyampaikan, Jogja Art Night merupakan seni pertunjukan tindak lanjut dari kerja sama antara Pemkot Yogyakarta dan Pemkab Badung melalui masing-masing Dinas Kebudayaan.

"Jogja dan Bali punya latar sejarah seni budaya yang kurang lebih sama, untuk itulah dijalin kerja sama dengan Kabupaten Badung yang kami presentasikan dalam bentuk kolaborasi seni pertunjukan, ternyata dapat menghasilkan sesuatu yang apik dengan perpaduan kreasi musik dan tari," ujarnya, pada Sabtu (24/6) malam waktu setempat.

Ke depannya kami harap Kabupaten Badung juga bisa datang ke Jogja, lanjut Yetti, untuk menampilkan kreasi seni pertunjukannya yang juga akan dikolaborasi dengan seni budaya Jogja.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, I Gde Eka Sudarwitha menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin, dan diwujudkan dengan seni pertunjukan yang luar biasa.

"Terima kasih kepada Pemerintah Kota Yogyakarta, yang telah menjalin kolaborasi dan memilih Kabupaten Badung menjadi tempat pertunjukan seni yang sangat luar biasa, tentu kegiatan ini juga bertujuan untuk pengembangan budaya yang lebih lanjut, dalam membangun karakter bagi pembentukan jati diri masyarakat di kedua daerah," katanya.

Jogja Art Night menjadi warna baru yang hadir di salah satu pusat berkumpulnya warga lokal dan wisatawan di Bali. Seperti yang dirasakan Putu Aprilia, warga lokal asal Kabupaten Gianyar Bali, sangat terkesan dengan pertunjukan wayang musikal yang disajikan.

"Ini jadi hal baru ya, ternyata wayang musikal perpaduan seni budaya Bali dan Jogja kalau dikolaborasikan seperti ini bisa bagus banget, terus lagu daerah dan lagu kekinian yang dikemas sama musik keroncong juga keren," ungkapnya. (Jul)