Pentas Kangen Jogja, Pamerkan Potensi Seni dan UMKM Tegalrejo 

 

 

Danurejan - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta kembali menggelar Pentas Kangen Jogja tahun 2023. Kangen Jogja merupakan acara untuk mendorong eksistensi wilayah dengan menampilkan potensi seni, wisata, umkm dan budaya. Pentas Kangen Jogja perdana ini diisi oleh Kemantren Tegalrejo yang digelar Minggu (25/6) di Teras Malioboro 2 Yogya.

Suasana Teras Malioboro yang ramai, saat ini semakin banyak pengunjung yang datang menyaksikan Pentas Kangen Jogja 2023. Kemantren Tegalrejo menampilkan berbagai macam serangkaian seni seperti drama musikal Kontemporer Vandalisme,  Tari Niti Raga,  Jathilan,  Gedrug dan  Koesplusan YoBand Plus. Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling di stand UMKM Tegalrejo.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menyebutkan Kota Yogyakarta memiliki beragam potensi yang unik, indah dan menarik baik dari sisi budaya, sejarah, dan destinasi. Salah satunya, hasil karya para seniman dari Kemantren Tegalrejo. 

“Potensi yang sudah ada di wilayah itu dapat ditampilkan dengan suasana yang menarik seoptimal mungkin, sehingga memunculkan informasi dan memunculkan daya tarik yang optimal di masyarakat sehingga harapannya Pentas Kangen Jogja Tahun 2023 sebagai label acara ini benar-benar menjadi kangen yang sesungguhnya kangen pariwisata Jogja dan kangen pada pengembangan ekonomi masyarakat secara total,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyampaikan salah satu tugas Dinas Pariwisata adalah mengangkat semua potensi apapun itu untuk bisa dipromosikan. Pentas Kangen Jogja tahun 2023 menjadi ajang promosi untuk menampilkan semua potensi wisata yang dimiliki oleh wilayah di Kota Yogyakarta di tempat-tempat yang sudah memiliki banyak wisatawan.

“Sebuah event yang kita selenggarakan tidak hanya dari untuk dan oleh masyarakat di situ saja, tetapi juga bisa disaksikan oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta.Tentu ini memberikan keuntungan kepada kita bahwa semua potensi kita bisa dilihat oleh wisatawan yang sedang berkunjung di sebuah titik yang menjadi daya tarik utama kota Yogyakarta yaitu Malioboro,” ujar Wahyu.

Panca Irawati atau sering disapa Titik pemilik UMKM My TR Ecoprint, menjadi salah satu peserta UMKM dari Kemantren Tegalrejo yang turut hadir dalam acara Pentas Kangen Jogja tahun 2023. Pada kesempatan ini, Titik menampilkan berbagai jenis produk ecoprint dalam bentuk kain, pakaian, mukenah hingga sepatu. Ia merasa senang dapat berpartisipasi memamerkan produknya dan mengenalkan produk tersebut kepada wisatawan yang berkunjung. “Tentu senang ya dengan adanya kegiatan seperti ini. Dari sini kita bisa mengenalkan brand produk-produk ecoprint kami kepada masyarakat luas terutama wisatawan dari luar kota,” jelasnya. (Chi)