Masuki Purnatugas, Kris Sarjono Harap Generasi Muda Bawa Maju Kota Yogya 

UMBULHARJO- Jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta melepas Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, Kris Sarjono Sutejo yang memasuki masa purnatugas pada 1 Juli 2023. Apresiasi dan ucapan terima kasih diberikan kepada Kris yang telah mengabdi di Pemkot Yogyakarta selama 31 tahun.

“Selamat purnatugas Pak Kris. Atas nama Pemkot Yogyakarta kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian selama ini,” kata Penjabat Walikota Singgih Raharjo di Balai Kota Yogyakarta pada Selasa (27/6/2023).

Singgih menyatakan atas nama pribadi dan Pemkot Yogyakarta memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama pengabdian Kris di Pemkot Yogyakarta. Menurutnya perjalanan karier Kris memberi warna di setiap perangkat daerah yang selama ini dilaluinya.  Pengabdian selama puluhan tahun itu juga menjadi inspirasi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyiapkan diri karena pada masanya akan memasuki purnatugas.

Meskipun memasuki purnatugas sebagai ASN Pemkot Yogyakarta, pihaknya berharap Kris tetap bisa memberikan pengabdian di lingkungan masyarakat. Dicontohkan sebagian ASN setelah purnatugas, justru banyak kegiatan seperti di sosial dan keagamaan. “Pengabdian tidak hanya selama menjadi ASN. Saya yakin pengabdian di lingkungan masyarakat masih cukup banyak yang bisa dilakukan,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya menilai Kris adalah sosok yang mempunyai karakter. Kehadirannya semakin menyebarkan keyakinan bahwa kebersamaan dan kekeluargaan harus dikedepankan dalam cara berinteraksi di lingkup Pemkot Yogyakarta. Oleh sebab itu walaupun Kris memasuki purnatugas, tapi persaudaraan akan terus berlanjut.

“Sosok Pak Kris bukan hanya menjadi bagian dari Asisten Umum tapi juga menjadi bagian dari saudara kita. Tidak berhenti saat ini tapi akan terus berlangsung,” ujar Aman.

Sementara itu Kris Sarjono memohon maaf apabila selama berinteraksi melaksanakan tugas di Pemkot Yogyakarta ada kekhilafan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Walikota dan Sekda Pemkot Yogyakarta atas bimbingan, bantuan dan dukungan dalam melaksanakan tugas.

Menurutnya selama 31 tahun berada di lingkungan Pemkot Yogyakarta membawa sesuatu yang berarti bagi hidupnya. Selama mengabdikan diri di Pemkot Yogyakarta, dia banyak meninggalkan waktu dengan keluarga, sehingga dirinya akan memanfaatkan purnatugas untuk keluarga. “Momen pensiun Insya Allah akan saya gunakan sebagai sebuah langkah penebusan dosa karena sudah 31 tahun saya meninggalkan anak dan istri saya,” imbuh Kris.

Kris Sarjono mengawali karier di Pemkot Yogyakarta pada tahun 1992 sebagai staf di Badan Kepegawaian. Pada tahun 1997 menjabat Sekretaris Camat di Kecamatan Umbulharjo lalu berpindah sebagai Sekretaris Camat di Kecamatan Jetis tahun 2000. Setelah itu menjabat Camat Kotagede pada tahun 2001 dan pada tahun 2004 bergeser menjadi Camat Umbulharjo. Kemudian menjadi Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah tahun 2009-2017, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan mulai tahun 2019 dan sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah mulai 2021 hingga purnatugas tahun 2023.

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan kepada generasi muda harus meneruskan perjuangan di Pemkot Yogyakarta. Harapan saya muncul generasi-generasi muda yang terbaik, terbagus dan harapannya Kota Yogyakarta semakin maju,” pungkasnya.(Tri)