Sapi Bantuan Gubernur Diserahkan, Warga Siap Kurban dengan ASUH

Umbulharjo - Sebanyak 5 hewan kurban sapi diserahkan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo kepada masing-masing penerima, Selasa (27/6) di Halaman Balaikota Yogyakarta. Kelima sapi kurban tersebut berasal dari Gubernur DIY, Bank BPD DIY, May Bank (2 sapi) serta Bank Jogja.

Bantuan lima ekor sapi ini diterima oleh beberapa perangkat daerah dan masjid  dengan rincian diantaranya satu sapi dari Gubernur DIY diberikan pada Masjid Pangeran Diponegoro, satu ekor sapi dari Maybank diberikan ke Satpol PP Kota Yogyakarta, satu ekor sapi dari Maybank diberikan untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Selain itu, satu sapi dari Bank Jogja untuk Masjid Dalilatul Iman di Celeban Timur dan yang terakhir satu ekor sapi dari BPD Senopati diberikan kepada BPBD dan Damkarmat Kota Yogyakarta.

"Mudah-mudahan hewan qurban ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan daging kurban ini nantinya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat yang berhak dan membutuhkan seperti kaum dhuafa," ungkap Singgih.

Selain itu, Singgih juga mengingatkan, untuk selalu menjaga kebersihan daging yang dibagikan serta bagi pemilik hewan kurban untuk selalu waspada terhadap kemungkinan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Peste des Petits Ruminants (PPR) dan Lumpy Skin Disease (LSD.

Tak hanya itu, Ia juga berharap agar para jagal dan juru kelet dapat mengolah hewan kurban secara Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) terutama pada daging yang sehat, sapi dan domba/kambing sudah mencukupi umur.

"Kita memastikan bahwa hewan yang kita sembelih itu dalam keadaan sehat dan mematuhi apa yang sudah ditetapkan. Dari sisi kebersihannya dan kuku hewan, itu ada tata cara penyembelihan hewan kurban supaya hewan yang kemudian kita berikan kepada masyarakat ini betul-betul memenuhi persyaratan hewan kurban," ujarnya.

Sementara itu, salah satu penerima hewan kurban, Takmir Masjid Dalilatul Iman, Celeban Timur, Umbulharjo Suryadi mengungkapkan rasa syukurnya atas pemberian hewan kurban berupa sapi, ini merupakan hewan kurban pertama kali yang diberikan oleh pemerintah.

"Alhamdulillah sudah diberikan satu sapi oleh pemerintah. Nantinya ini untuk jamaah kami di Masjid Dalilatul Iman karena memiliki banyak jamaah disana, tapi sekitar masjid juga kita bagikan, ini pertama kali kami terima, tapi setiap tahunnya juga mengadakan kurban dari warga," jelasnya. (Hes)