Sarasehan SIBAKUL bagi Pelaku UMKM di Kemantren Mantrijeron

GEDONGKIWO (20/07/2023) - Selasa, 20 Juni 2023 Dinas Koperasi dan UMKM DIY menggelar Sarasehan SIBAKUL bagi pelaku UMKM. Acara ini bertempat di aula Kelurahan Gedongkiwo, Kemantren Mantrijeron. SIBAKUL merupakan bentuk digital model pembinaan, fasilitasi, konsultasi dan pendampingan kepada UMKM di wilayah DIY.

Acara ini di buka dengan Tari Kreasi Baru dari Sanggar Kinanti dan dipandu oleh MC Martha Sasongko dan Aat Kumorojati. Rencananya acara ini akan ditayangkan di kanal youtube Dinas Koperasi dan UKM DIY pada tanggal 30 Juni 2023 dan TA TV pada tanggal 3 Juli 2023.

Narasumber yang hadir dalam acara ini antara lain Kabid. Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM DIY Wisnu Hermawan, SP., MT., Anggota DPRD DIY Dra. Hj. Siti Nurjannah, Lurah Gedongkiwo Rina Budi Prastiwi, S.I.P., M.Si., dan Pelaku UMKM Inspiratif Muhammad Alfian Muzzaki (Pak Jo). Sedangkan peserta yang hadir merupakan pelaku UMKM yang ada di wilayah Kemantren Mantrijeron.

Rina Budi Prastiwi, S.I.P., M.Si. selaku Lurah Gedongkiwo menyampaikan bahwa Kelurahan Gedongkiwo turut serta dalam mendukung kegiatan UMKM dengan mengadakan beberapa pelatihan - pelatihan sebagai alternatif meningkatkan pendapatan dengan menambah value produk. Kedepannya diharapkan pelaku UMKM dapat terus berinovasi, berkarya dan mengembangkan produk yang dijual. Produk - produk UMKM dari Kelurahan Gedongkiwo antara lain yaitu aneka olahan makanan, batik, jumputan, shibori, ecoprint, dll.

Kabid. Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM DIY Wisnu Hermawan, SP., MT. menuturkan bahwa wilayah Kemantren Mantrijeron ini merupakan jalur emas sentra snack, aneka makanan, dan yang terbaru adalah kuliner Pasar Condronegaran. Hal ini membuktikan bahwa pelaku UMKM di wilayah ini ada banyak, hanya saja kurang memperhatikan branding produk. Dengan adanya SIBAKUL ini diharapkan dapat mengangkat produk – produk tersebut.

Pelaku UMKM Inspiratif Muhammad Alfian Muzzaki juga mengajak para pelaku UMKM untuk percaya diri dan siap naik kelas, karena modal pertama dalam usaha bukan uang tetapi mental.

Anggota DPRD DIY Dra. Hj. Siti Nurjannah menuturkan bahwa tugas anggota dewan adalah membina masyarakat, termasuk pelaku umkm agar betul – betul sesuai jargonnya “naik kelas” dari segala sisi. Selain itu juga mendorong dan mendukung program – program UMKM, khususnya SIBAKUL ini, bagaimana agar SIBAKUL ini berfungsi dan bermanfaat. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat perlu diteruskan secara berkesinambungan agar SIBAKUL ini lebih dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat.