Sarasehan Forum Bank Sampah Kemantren Pakualaman

Dalam rangka pembinaan dan monitoring Forum Bank Sampah di Kemantren Pakualaman Kota Yogyakarta, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyelenggarakan Saresehan Forum Bank Sampah Kemantren Pakualaman 4/7/2023.

Saresehan Forum Bank  Sampah  Kemantren  Pakualamam  yang  dihadiri  Ketua Forum Bank Sampah  Kota  Yogyakarta,  Ir. Aman Yuriadijaya, MM, Mantri Pamong Praja Pakualaman , Cahya Wijayanta, S.Sos dan Drs. Sugeng Darmanto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki.

Dengan adanya bank sampah dapat mendorong tumbuhnya niat masyarakat dalam mengelola sampah secara tepat dengan cara memilah dan mengolah sampah. Sehingga menumbuhkan rasa cinta dan peduli akan lingkungan. Selain itu, dengan adanya bank sampah juga dapat membantu perekonomian masyarakat. Sebab, bank sampah memberikan peluang pekerjaan serta memberikan penghasilan tambahan.

Bank Sampah untuk terus semangat untuk zero sampah dimana perlu tolak ukur keberhasilannya didukung dengan data yang akurat dgn tertib administrasinya. Kedepan Kota Yogyakarta akan memiliki Bank Sampah Induk untuk pengelolaan sampah organik.