Mengikuti Pelatihan Batik Sibori Kelurahan Baciro, Membuka Peluang Usaha Yang Menjanjikan.

Pada hari Jum’at tanggal 23 Juni 2023 bertempat di Aula lantai 2 Kantor Kelurahan Baciro telah dilaksanakan Pelatihan Batik Sibori yang diikuti oleh warga di Kelurahana Baciro serta pengurus TP PKK Kelurahan Baciro. Peserta pelatihan ini diutamakan warga yang memiliki KMS (Kartu Menuju Sejahtera). Dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu pemilik Nostra Gallery, bapak Bonifatius Tri Utomo. Produk Nostra Gallery berupa batik sibori dan ecoprint sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, dan sudah memiliki konsumen di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini adalah memberikan keterampilan kepada warga di Kelurahan Baciro dalam hal pembuatan batik sibori. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, warga dapat menekuni dan memproduksi batik sibori, sehingga ke depannya, dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Dalam pelatihan ini, peserta diberi teori sekaligus praktek pembuatan batik sibori. Pembuatan batik sibori relatif mudah dan biaya yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi, namun diperlukan ketekunan dan kesungguhan untuk menekuninya. Peserta merasa sangat senang melihat batik sibori buatannya. Baru ikut pelatihan saja hasilnya sudah bagus, apalagi jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, pasti hasilnya akan lebih bagus, indah, dan memiliki nilai jual yang lumayan tinggi.