Keluarga Tanggap dan Tangguh Berencana Tekan Angka Stunting di Kota Yogya

Umbulharjo - Kelurahan Suryatmajan dan Gedongkiwo terpilih mewakili Kota Yogyakarta dalam pelaksanaan Konfirmasi, Validasi Evidence Pilot Projek Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Berencana oleh Tim Penggerak PKK Pusat yang dilaksanakan melalui zoom meeting pada hari Kamis (6/7) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta.

Kelurahan Suryatmajan memiliki keunggulan Menuju Keluarga Sehat berkualitas. Sedangkan Kelurahan Gedongkiwo unggul dalam mewujudkan keluarga Sehat Pasangan Usia Subur (PUS) yang tentunya diimbangi dengan berbagai kegiatan yang menunjang, seperti melakukan pembinaan secara berkala ke warganya.

Ketua Pokja 4 PKK Kota Yogyakarta Tugirah mengungkapkan, untuk wilayah DIY yang turut menjadi perwakilan di tingkat Nasional diantaranya Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo,  Kabupaten Gunung Kidul, serta Kabupaten Bantul.

"Harapannya salah satu dari dua yang maju tingkat Nasional ini menjadi wakil DIY, salah satu daerah percontohan di wilayah DIY. Nantinya manapun kabupaten/kota yang maju atau menang kita tetap berbangga hati dan semua legowo," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Atik Wulandari mengatakan, sangat bangga terhadap kinerja yang dilakukan oleh seluruh anggota TP PKK Kota Yogyakarta.

Ia berharap, dari dua kelurahan yang menjadi perwakilan Kota Yogyakarta bisa maju ke tingkat Nasional mewakili DIY. "Harapannya nanti pada saat tim penilai menilai keduanya mudah mudahan bisa menjadi terbaik untuk mewakili DIY," ujarnya.

Selain itu, adanya gerakan Keluarga PUS dan Keluarga Sehat dapat menekan angka stunting di Kota Yogyakarta sehingga menjadi kota sehat jasmani dan rohani.

"Mudah-mudahan pasangan usia subur mengikuti KB sehingga juga akan terwujud keluarga yang berkualitas dan tentunya juga akan menekan angka stunting di Kota Yogyakarta," katanya. (Hes)