Menikmati Eksotika Kawasan Cagar Budaya di Kota Jogja dalam Friendship Run

Gondomanan – Museum Benteng Vredeburg Kota Jogja jadi saksi ajang lari Bank Jateng Friendship Run, pada Minggu (9/7), yang diikuti lebih 1.000 pelari dari seluruh Indonesia dengan menempuh jarak 5 kilometer.

Rute lari yang dilewati adalah kawasan wisata Malioboro dan Tugu Yogyakarta, dengan titik start di Benteng Vredeburg dan finis di lokasi yang sama. Selain untuk menyambut Borobudur Marathon, acara itu juga membawa harapan terciptanya kolaborasi antara para pihak di Kota Jogja dan DIY dengan Jawa Tengah, terutama terkait wisata olahraga atau sport tourism.

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengibarkan bendera atau flag off untuk melepas para pelari di kloter kedua. Pihaknya mengatakan, pemilihan Kota Jogja sebagai lokasi penyelenggaraan ini sangat tepat, untuk benar-benar merasakan wisata olahraga, karena pelari tidak hanya berolahraga, tapi juga berwisata setelahnya, mengingat eksotika kawasan cagar budaya Malioboro dan Museum Benteng Vredeburg sangat menarik untuk dijelajahi.

“Konsep pengelolaan daerah bernama Joglosemar, yaitu Jogja, Solo dan Semarang yang merupakan tiga kota saling terhubung, menjadi satu hal yang menarik untuk terus dibangun kolaborasi dan sinergitasnya, terutama dalam pembuatan atraksi wisata, ditambah Candi Borobudur menjadi destinasi wisata super prioritas mengacu pada konsep tersebut,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Putri Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Yogyakarta sebagai kota keempat dari 10 lokasi, penyelenggaraan Bank Jateng Friendship Run.

Mangkubumi berharap, kolaborasi serupa semakin banyak dilakukan di masa mendatang, sebab terdapat banyak titik menarik di Yogyakarta, yang masih bisa diangkat lagi potensinya.

”Mungkin nanti bisa diadakan di tempat yang lebih luas lagi. Jadi, pesertanya lebih banyak lagi. Banyak spot di Yogyakarta yang mendukung untuk itu, termasuk potensi UKM yang ada di sekitarnya,” kata Mangkubumi. (Jul)