Ratusan Pelajar SD/SMP Bersaing di Ajang O2SN Tingkat Yogya   

SLEMAN- Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Yogyakarta pada 12-14 Juli 2023. Ada ratusan pelajar jenjang SD dan SMP yang bersaing dalam O2SN tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023. Kegiatan O2SN menjadi salah satu upaya Pemkot Yogyakarta dalam membina potensi bibit-bibit atlet sekaligus seleksi peserta O2SN tingkat provinsi.

“Ini bagian dari upaya pembinaan potensi bibit-bibit atlet olahraga Kota Yogyakarta, sehingga saya mengapresiasi atas kegiatan ini,” kata Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya, saat membuka OS2N tingkat Kota Yogyakarta, di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (12/7/2023).

Sekda Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat membuka kegiatan OS2N tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023.

Aman menyatakan kegiatan semacam O2SN juga bagian dari membangun karakter siswa. Mengingat dalam ajang olahraga tersebut berkaitan dengan nilai-nilai perjuangan, semangat dan sportivitas. Pihaknya berharap melalui seleksi atlet dalam kegiatan O2SN akan membawa keberhasilan Kota Yogyakarta pada seleksi tingkat DIY.

“Bicara tentang nilai-nilai perjuangan, nilai nilai semangat, tetapi juga nilai nilai sportivitas. Oleh karenanya saya ingin semua atlet melakukan kegiatan ini dengan penuh semangat. Harapannya kegiatan ini akan membawa kejayaan Kota Yogyakarta pada seleksi di tingkat DIY,” tambahnya.

Para pelajar SD dan SMP mengikuti pembukaan O2SN tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023.

Jumlah atlet yang mengikuti seleksi O2SN tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023 pada jenjang SD sebanyak 285 atlet. Pada jenjang SD akan mempertandingkan 6 cabang olahraga yakni atletik diikuti 74 atlet, bulutangkis 58 atlet, karate 47 atlet, pencak silat 52 atlet, renang 47 atlet dan senam 7 atlet. Para atlet jenjang SD itu adalah hasil seleksi di wilayah kemantren beberapa waktu lalu.

Sedangkan O2SN tingkat Kota Yogyakarta pada jenjang SMP diikuti 162 atlet. Ada 5 cabang olahraga yang dipertandingkan di jenjang SMP yakni atletik diikuti 43 atlet, bulutangkis 42 atlet, karate 51 atlet, pencak silat 18 atlet dan renang 27 atlet. 

Karate salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam O2SN tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengatakan O2SN merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, di bawah balai pengembangan talenta Indonesia (BPTI). O2SN diadakan secara berjenjang di tingkat kabupaten, kota, provinsi dan nasional. Seluruh pertandingan O2SN tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023 dilaksanakan di tempat-tempat olahraga di UNY.

“Bertandinglah dengan jujur dan sportif. Menang kalah bukan tujuan utama. tetapi tetap semangat belajar diikuti mematuhi nasehat orangtua,” ujar Budi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori memberikan laporan kegiatan O2SN tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023.

Dia menjelaskan dalam seleksi O2SN Pemkot Yogyakarta akan memberikan apresiasi piala penghargaan dan uang pembinaan bagi juara 1, 2 dan 3 pada tiap cabang olahraga jenjang SD dan SMP putra dan putri. Namun siswa yang berhak maju menjadi wakil Kota Yogyakarta dalam O2SN tingkat provinsi hanya peraih juara 1.

Salah satu peserta O2SN Khanza Aulia Nur Awinditra menilai kegiatan O2SN bagus karena bagian dari seleksi O2SN tingkat lebih lanjut. Apalagi dia pertama kali mengikuti ajang kompetisi olahraga O2SN pada cabang olahraga bulutangkis. “Bagus karena adanya audisi-audisi seperti ini di Yogya sedikit,” ucap Khanza siswi jenjang SMP itu. (Tri)

 

Salah satu peserta tampil dalam pertandingan karate O2SN tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023.