Pemkot Yogya Dorong Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas ASN

Jetis-Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya dalam meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satunya dengan menggelar kegiatan pelatihan Coaching dan Mentoring.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bermuara pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan yang digelar di Hotel Harper ini  diikuti 32 peserta yang terdiri dari pejabat Administrator, Pengawas dan Sub koordinator di lingkup Pemkot Yogya.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogya, Fatmah Rosyati mengatakan tujuan digelarnya pelatihan tersebut untuk membantu ASN mengembangkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen yang diperlukan dalam melaksanakan tugas mereka dengan lebih efektif. 

"Melalui proses coaching dan mentoring, ASN juga dapat memperluas jaringan dan memperoleh wawasan yang berharga dari mentor atau coach yang berpengalaman," katanya, Senin (17/7/2023).

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga dapat mendorong ASN untuk mengembangkan potensi dan karier mereka dengan memberikan arahan dan dukungan yang diperlukan.
 
"Secara keseluruhan kegiatan ini memiliki peran yang penting dalam pengembangan ASN Pemkot Yogya," tandasnya.

Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya saat membuka kegiatan pelatihan Coaching dan Mentoring di Hotel Harper, Senin (17/7/2023).

Sementara itu Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya sangat menyambut baik acara tersebut. Menurutnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam birokrasi merupakan aset penting dan strategis yang tidak dapat tergantikan secara mutlak oleh sumber daya lainnya. 

"Pembinaan pegawai melalui coaching dan mentoring merupakan yang harus dilaksanakan agar kita betul-betul memperoleh SDM yang dapat menjalankan tugas yang baik," tandasnya.

Pihaknya berpesan kepada seluruh peserta agar selama kegiatan dapat berkontribusi secara nyata demi mewujudkan tatanan kelola pemerintahan yang baik.

"Pahami dan terapkan segala bentuk materi yang telah disampaikan agar upaya Pemkot Yogya untuk mewujudkan tatatan kelola pemerintahan yang baik dapat tercapai sesuai dengan harapan," pesannya.

Aman berharap kegiatan tersebut dapat memberikan hasil yang signifikan, terutama dalam upaya mendorong peningkatan kapasitas dan kapabilitas aparatur pemerintah dalam menghadapi tantangan penyelenggaraan pemerintahan.

Dalam pelatihan ini juga menghadirkan pemateri Widyaiswara dari Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosio Kultural ASN Lembaga Administrasi Negara RI. (Han)