LAMPAH RATRI MALAM 1 SURO DI PAKUALAMAN

Senada dengan Keraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman juga menyelenggarakan  Lampah Ratri Mubeng Beteng peringatan tahun baru 1 Muharam 1445 H, atau  1 Sura 1957 Daldalam kalender Jawa.

Saat pergantian tahun, tepat malam tanggal 1 Suro, ada semacam tradisi ritual yang dilakukan oleh Kraton Yogyakarta maupun Kadipaten Pakualaman berupa laku prihatin, berjalan sambil membisu (tanpa bercakap-cakap) memutari benten kraton, sembari bermunajat kepada Tuhan untuk meminta keselamatan secara lahir maupun batin.

Prosesi tersebut dilaksanakan pada Kamis  20 Juli 2023  mulai pukul 00.00 WIB sd Sabtu 30 Juli 2022 dini hari. Sebelum acara lampah ratri didahului dengan pagelaran wayang kulit  Rabu 19 juli 2023 mulai pukul 21.00.

Untuk kegiatan "Lampah Ratri Mubeng Beteng Kadipaten Pakualaman" ini diikuti oleh  Sentana Dalem dan Abdi Dalem dengan mengenakan pakaian adat jawa Pura Pakualaman dengan berkalung samir serta masyarakat umum.

Kemantren Pakualaman berpartisipasi kegiatan Lampah Ratri dengan membagikan jenang manggul ke warga yang mengikuti Lampah Ratri 1 Suro di Pakualaman. Disediakan 500 cup yang dibagikan gratis.

Jenang manggul maknanya adalah manusia harus menjunjung tinggi kebaikan leluhur yang telah mewariskan segala pengetahuan.