Penerjunan Mahasiswa Pendamping Kelompok Seni di Kelurahan Baciro

Di era yang serba maju seperti saat ini, banyak anak maupun orang dewasa yang sudah melupakan budayanya. Mereka lebih asyik bermain gadget daripada permainan tradisional, lebih menyukai budaya barat daripada budaya daerah.

Untuk menjawab tantangan ini, maka Lembaga Pemberdayaan untuk Masyarakat Institut Seni Indonesia (LPM ISI) Yogyakarta, menerjunkan 6 orang mahasiswanya untuk menjadi pendamping bagi kelompok seni yang ada di Kelurahan Baciro. Ada 7 kelompok seni yang akan menerima pendampingan dari mahasiswa ISI Yogyakarta, diantaranya 3 Kelompok Karawitan yaitu Kelompok Gondo Arum, Kelompok Gondo Arum Muda dan Kelompok Baciro Laras, 2 Kelompok Tari yaitu Kelompok Tari Star Kusuma dan Kelompok Tari Belibis Jingga, Kelompok Seni Bregodo Manunggal Karso, dan Kelompok Batik Gendeng.

Acara penerjunan mahasiswa dilaksanakan secara resmi di Aula Lantai 2 Kantor Kelurahan Baciro pada hari ini, Senin, 24 Juli 2023 pukul 10.00 WIB. Penyerahan dilaksanakan oleh Ketua LPM ISI Yogyakarta, Dr. Nur Sahid, M.Hum dan diterima oleh Lurah Baciro, Handra Sutrisno, S.Sos.

Untuk selanjutnya dilakukan diskusi antara mahasiswa dan dosen pendamping bersama ketua kelompok seni yang juga telah hadir di Kelurahan Baciro, untuk mendiskusikan jadwal latihan masing-masing kelompok kesenian. 

Dalam sambutannya, lurah Baciro menyampaikan ucapan terima kasih karena Baciro dipilih menjadi wilayah yang menerima pendampingan dari LPM ISI Yogyakarta bagi kelompok seni yang ada di Kelurahan Baciro. Semoga dengan adanya pendampingan, maka kelompok seni yang ada di kelurahan Baciro semakin baik dan semakin maju.