Jalani Masa Karantina, Calon Paskibraka Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Mantrijeron – Banyak pembelajaran dan nilai kehidupan yang bisa didapatkan dalam pendidikan dan pelatihan Calon Paskibraka. Inilah kenapa kegiatan tersebut didesain untuk pengembangan karakter, wawasan, juga mental yang kuat.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat membuka kegiatan Desa Bahagia Paskibraka Kota Yogyakarta 2023, pada Kamis (10/8) di Hotel Burza. Pihaknya juga memberi ucapan selamat atas kegigihan dan konsistensi Calon Paskibraka Kota Yogyakarta hingga bisa berlanjut dan masuk tahap tiga atau masa karantina.

“Selamat kepada Calon Paskibraka Kota Yogyakarta tahun 2023 yang bisa hadir di tahap ketiga ini. Pada masa pendidikan dan pelatihan di Desa Bahagia ini, harapannya adik-adik semua bisa mengikuti program yang diberikan dengan baik, dapat memetik pengalaman berharga, sebagai bagian dari kenangan hidup yang tidak dapat terlupakan,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat membuka kegiatan Desa Bahagia Paskibraka Kota Yogyakarta 2023.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengatakan, total ada 38 Calon Paskibraka Kota Yogyakarta yang mengikuti pendidikan dan pelatihan tahap ketiga di Desa Bahagia, yang berlangsung pada tanggal 10 hingga 19 Agustus 2023.

“38 Calon Paskibraka Kota Yogyakarta ini terdiri dari 19 Putra dan 19 Putri, yang nantinya akan bertugas saat pengibaran dan penurunan bendera pada HUT Kemerdekaan RI di Balaikota Yogyakarta. Pendidikan dan Pelatihan di Desa Bahagia ini merupakan masa karantina, yang bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian, pengembangan soft skill juga meningkatkan wawasan kebangsaan,” terangnya.

38 Paskibraka Kota Yogyakarta 2023 nyanikan yel-yel penyemangat dimulainya masa karantina Desa Bahagia.

Calon Paskibraka asal SMAN 1 Kota Yogyakarta Muhammad Defa Putra Prathama dan Chelsya Quaneyshaila Oktalika dari SMAN 8 Kota Yogyakarta, menceritakan kesiapan mereka sejauh ini menuju HUT Kemerdekaan RI.

“Kami sudah menjalani pendidikan dan pelatihan di tahap satu dan dua, sekarang masuk tahap ketiga, banyak bekal yang diberikan para pelatih, pembina, dan kakak pendamping. Harapannya di sini kami bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi baik mental maupun fisik, agar saat bertugas nanti dapat sukses dan lancar,” cerita mereka. (Jul)

Muhammad Defa Putra Prathama dan Chelsya Quaneyshaila Oktalika, Calon Paskibraka Kota Yogyakarta 2023.