Bulan Dana PMI 2023 Kembali Dimulai

Umbulharjo-Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogya tahun 2023 dimulai. Ditargetkan pada tahun ini perolehan dana dapat melampaui perolehan dana pada tahun 2022.

Pada tahun 2022 lalu PMI Kota Yogya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp627 juta.

Ketua Pelaksana Kepengurusan PMI Kota Yogya, Irjen Pol (Purn) Drs. R.M. Haka Astana M.W mengaku optimis pengumpulan dana pada tahun ini bisa bertambah, mengingat pentingnya dana tersebut untuk operasional PMI di Kota Yogya.

"Dengan dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan, PMI dapat menjalankan roda organisasinya dengan lancar dalam rangka kegiatan sosial,” terangnya di Ruang Bima, Jumat (11/8/2023).

Pihaknya menegaskan perolehan dana tersebut akan dimanfaatkan sesuai ketentuan yang sudah diatur. 

“Kami pengurus PMI Kota Yogya berjanji untuk memanfaatkan dana tersebut sesuai ketentuan yang sudah diatur. Jadi kami kembalikan dalam rangka untuk pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam rangka kegiatan kemanusiaan, kegiatan kepalangmerahan,” tegasnya.

Menurutnya selama ini upaya penghimpunan dana rutin yang dilakukan oleh PMI Kota Yogya melalui bulan dana senantiasa mendapatkan respon positif dari masyarakat dan kalangan pengusaha. 

"Kepedulian sosial masyarakat Kota Yogya merupakan bukti atas semakin kuatnya solidaritas kemanusiaan yang ada pada masyarakat kita di Yogya," ujarnya.

Adapun penggalangan dana untuk 2023 ini dilakukan melalui kupon bulan dana PMI Kota Yogya dengan besaran Rp 2.000 untuk pelayanan kelurahan. Kemudian Rp3.000 untuk pelayanan KPPD DIY di Kota Yogya.

Rp 5.000 untuk PNS Golongan I dan II. Sedangkan nominal kupon Rp10.000 untuk PNS Golongan III dan IV. 
 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat memberikan kupon penggalangan dana kepada Ragil Destiana yang merupakan perwakilan PNS Golongan III dan IV di ruang Bima, Jumat (11/8/2023)

Sementara itu Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan bulan dana PMI merupakan salah satu momen untuk mewujudkan solidaritas sosial.

"Sebab dana yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan sosial kemanusiaan, seperti membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam, kegiatan transfusi darah maupun apabila ada kejadian darurat luar biasa," tandasnya.

Pihaknya berharap untuk tahun 2023 penggalangan bulan dana PMI akan memperoleh hasil pengumpulan dana yang meningkat.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada PMI Kota Yogya telah menggalang dana guna kepentingan kemanusiaan serta warga masyarakat yang bersedia menyisihkan sebagian dananya," katanya. (Han)