Empat Koperasi Ikuti Jogja Expo 2023 Dukung Percepatan Perekonomian

 

 

Danurejan - Empat koperasi binaan Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah hadir dalam event nasional “Jogja Expo 2023” pameran koperasi dan usaha kecil menengah yang diselenggarakan PT Prawira Visi Indonesia. Pameran ini diikuti berbagai koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari beberapa daerah seperti Kalimantan Barat, Kota Banten, dan Makassar. Acara ini diselenggarakan mulai 7-10 September 2023 di Plaza Malioboro.

 

Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, Bebasari Sitarini menyampaikan setiap tahunnya Dinas Perindustrian dan UKM Kota Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam event nasional ini. Menurutnya, event nasional seperti ini merupakan kesempatan yang bagus untuk mengenalkan produk-produk terbaik dari Kota Yogyakarta.

 

“Lokasi pameran ini kan berada di Plaza Malioboro, seputaran Malioboro ini kan menjadi pusat pariwisata di DIY tentu tempat ini menjadi jujugan wisatawan lokal maupun asing jadi ini salah satu kesempatan besar untuk mengenalkan produk dari Kota Yogya,” ujar Sitarini  saat ditemui, Jumat (8/9).

Stand koperasi perwakilan dari Kota Yogyakarta

Kemudian lanjutnya, penyelenggaraan pameran seperti dapat mewujudkan dan mendukung salah satu program pemerintah dalam percepatan pergerakan perekonomian dan Pemulihan Ekonomi Nasional khususnya bagi para pelaku UMKM setelah pasca pandemi Covid 19.

 

“Kami tidak menunjuk koperasi dan umkm sembarangan. Kami memilih empat koperasi yang kami rasa memiliki keunggulan ciri khas dan tentunya kesiapan produk yang ditawarkan,” tegasnya.

 

Empat koperasi yang dilibatkan dalam pameran koperasi dan UMKM “Jogja Expo 2023” antara lain Pusat Koperasi Wanita Dewi Kunthi, Koperasi Wanita Dewi Sri, Koperasi Wanita Wirarini dan Koperasi Produsen Mitra Mandiri Jambu. Produk yang dipamerkan diantaranya craft dari kaca dan kayu, kain dan pakaian batik motif khas Yogyakarta, ecoprint dan lurik serta makanan kaleng yaitu gudeg kaleng dan aneka olahan jambu.

 

“Kami ikutkan ke event seperti ini untuk mendorong mereka agar bisa mengenalkan dan mempromosikan produk yang diolah, apalagi di Plaza Malioboro yang berkunjung lebih beragam dan dari berbagai daerah menjadi kesempatan besar untuk memperluas jaringan pasar mereka. Kemudian harapannya lagi produknya bisa terjual melalui acara ini,” tutur Sitarini.

Aneka olahan jambu dari Koperasi Mitra Mandiri Jambu

 

Salah satu peserta pemeran koperasi dan UMKM, Koperasi Produsen Mitra Mandiri Jambu berasal dari Kelompok Tani Kampung Gemblakan Atas Kelurahan Suryatmajan dengan produk aneka olahan dari jambu antara lain dodol jambu dan sambal jambu. Perwakilan Koperasi Produsen Mitra Mandiri Jambu, Siti Sholikhah (54) menyambut baik acara ini. Menurutnya dengan acara seperti ini bisa menjadi media promosi mengenalkan produk olahan jambu yang masih tergolong cukup langka dan unik.

“Senang bisa ikut acara seperti ini, apalagi ini di pusat pariwisata Kota Yogya. Kemarin malam sih sudah lumayan yang laku terjual semoga bisa terus seperti sampai selesai. Selain meningkatkan penjualan juga meningkatkan produksi. Kalau yang kami bawa ada asinan, keripik jambu, eggroll jambu dan yang jadi andalan ada dodol jambu dan sambal jambu,” ucap Siti. (Chi)