Ratusan Pelari Siap Meriahkan Tour de Kotabaru #3

Gondokusuman – Kotabaru sebagai Kawasan Cagar Budaya (KCB) mempunyai banyak potensi untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Sebagai pemukiman premium Belanda yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII sekitar tahun 1877-1921, kawasan Kotabaru sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas publik yang tertata dengan konsep garden city bergaya arsitektur indis. Sehingga potensi sejarah dan budayanya mampu menjadi sebuah daya tarik.

Potensi tersebut ditangkap Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta salah satunya melalui even Tour de Kotabaru yang pada 24 hingga 25 Februari mendatang akan kembali digelar untuk yang ketiga kalinya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, Tour de Kotabaru hadir untuk menambah daya tarik dan memperkuat branding KCB Kotabaru, yang juga bertujuan untuk memperpanjang masa peak season kunjungan wisata di Kota Yogya.

“Pemkot bersama dengan seluruh perangkat daerah sesuai tugas fungsinya masing-masing terus berupaya untuk mengembangkan pariwisata Kota Yogya agar bisa terus menjadi destinasi terfavorit secara berkelanjutan, termasuk melalui Tour de Kotabaru,” katanya pada Sabtu (10/2) lalu.

Poster rangkaian kegiatan Tour de Kotabaru #3

Pihaknya menyampaikan gelaran Tour de Kotabaru akan dimeriahkan dengan beragam kegiatan mulai dari fun run, poundfit, walking tour, pesta pelajar dan mahasiswa, kontes foto, kelas kecantikan, lomba mewarnai anak, pertunjukan musik hingga bazar UMKM dan ekonomi kreatif.

“Untuk kegiatan fun run baru kami buka 1 jam pendaftaran kuotanya sudah penuh, respon dan antusiasmenya luar biasa, ada 600 runners yang akan ikut meramaikan pada Minggu pagi tanggal 25 Februari nanti,” terangnya.

Menurutnya terdapat beberapa potensi wisata yang ada di kawasan Kotabaru, yang dapat terus dikembangkan untuk menambah daya tarik pariwisata dan mendorong terwujudnya quality tourism di Kota Yogya. Mulai dari wisata kuliner, belanja, estetik, sejarah, dan budaya yang dikemas salah satunya melalui even rutin yang diselenggarakan. 

“Destinasi pariwisata Kota Yogya harus terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, agar tetap menjadi destinasi unggulan yang berkelanjutan bagi para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, dengan terus mengupayakan daya tarik pariwisata tambahan melalui even baik itu yang diselenggarakan oleh pemerintah, masyarakat, swasta komunitas sehingga kota yogya bisa terus kebanjiran even di setiap harinya,” jelasnya.

Bagi yang berminat untuk mengikuti serangkaian kegiatan Tour de Kotabaru #3 pada 24 hingga 25 Februari mendatang, silakan cek informasi selengkapnya melalui Instagram @pariwisata.jogjakota @tourdekotabaru atau di nomor 082137000161. (Jul)