Sambang Warga Berikan Tanda Kasih untuk Satlinmas

KOTAGEDE - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo kembali melakukan sambang warga, Sabtu (17/2). Dalam sambang warga ini, Singgih memberikan penghargaan kepada salah satu Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kemantren Kotagede yakni Cipto Wiharjo Al Sarjono yang berada di Kampung Pilahan RT 42 RW 13, Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede,  Yogyakarta.

Berangkat dari Rumah Dinas pukul 07.00 WIB, Singgih ditemani jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta melakukan perjalanan menuju Kampung Pilahan.

Sebelumnya, rombongan melakukan gowes dengan rute start rumah dinas di Balaikota ke Jalan Kenari - Jalan Veteran - Jalan Ki Penjawi dan berhenti di Kampung Pilahan.

Sarjono ditemani Suhartini (74) sang istri menerima kunjungan tersebut. Pihaknya mengungkapkan, sangat senang atas kedatangan dan pemberian piagam penghargaan yang ditujukan untuk dirinya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan penghargaan kepada salah satu anggota Satlinmas Kemantren Kotagede yakni Cipto Wiharjo Al Sarjono yang berada di Kampung Pilahan RT 42 RW 13, Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede, Yogyakarta.

Ia menuturkan, bentuk pengabdiannya ini tidak semata-mata untuk dirinya saja, melainkan ketukan hati untuk membantu dan menjaga warga khususnya di Kemantren Kotagede.

“Saya sangat menikmati pekerjaan saya. Selain memiliki aktivitas bekerja rutin juga menambah silaturahim. Sehingga masa lansia saya ini benar-benar terasa menyenangkan,”ungkapnya.

Pria 89 tahun tersebut tergolong aktif walaupun termasuk anggota Satlinmas senior di wilayahnya.

Pada kesempatan tersebut, Sarjono membagikan kiat-kiat menjaga tubuh agar bugar dan tidak mudah sakit.

Singgih beserta rombongan sebelumnya gowes bersama menikmati suasana pagi di Kemantren Kotagede.

“Saya selalu melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Bagun tidur minum air putih atau kopi, lalu melakukan senam sekitar 10 menit dan lanjut jalan pagi, ini sudah saya lakukan selama dua tahun terakhir dan menambah kebugaran saya sehingga tidak cepat lelah di usia saya yang sekarang,”ujarnya.

Menurutnya, dengan menjaga pola hidup yang sehat maka usia menua akan semakin bersemangat dalam menjalani hidup. 

Singgih juga sempat berbincang dengan istri Sarjono disela-sela kegiatan.

Hal tersebut juga disambut baik oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. Pihaknya sangat mengapresiasi kinerja dan dedikasi Sarjono dalam mengemban tugasnya.

Selain memberikan piagam penghargaan, pada kesempatan tersebut, Singgih juga memberikan uang tunai dan bantuan sembako. “Piagam ini merupakan tanda kasih kami dari pemerintah atas dedikasi dan pengabdian Pak Sarjono yang tergolong lansia tapi semangatnya sangat luar biasa,”jelasnya.

Singgih berharap, semangat bekerja dan sifat ramahnya terhadap warga Kota Yogyakarta khususnya di Kemantren Kotagede dapat dicontoh oleh Satlinmas lainnya.

“Semoga semangat dan kegigihan pak Sarjono ini dapat di contoh oleh Satlinmas muda yang ada di Kota Yogyakarta. Bahwasannya pekerjaan tidak melulu soal pendapatan tetapi terpenting adalah menjalin silaturahmi. Sehingga dalam kehidupan terasa bermakna,”ungkapnya. (Hes)