Batik Daun Waru siap mengangkat Karangwaru

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya. Corak ragam batik yang mengandung penuh makna dan filosofi akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang  di Indonesia. Motif Batik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motif adalah corak atau pola. Motif adalah suatu corak yang di bentuk sedemikian rupa hinga menghasilkan suatu bentuk yang beraneka ragam.

Pada Rabu 20 Maret 2024 kemarin telah di adakan pelatihan membatik untuk warga Kelurahan Karangwaru. Diharapkan akan menjadi suatu karya seni yang bisa menghasilkan kedepannya dan bisa menjadi satu ciri khas dari wilayah karangwaru berupa Kain BATIK.

Daun waru merupakan salah satu ciri khas di wilayah karangwaru, sehingga motif batik dengan gambar daun waru sangat bisa di angkat menjadi ikon di Kelurahan Karangwaru itu sendiri.

Dengan di adakan pelatihan seperti ini di harapkan juga bisa menjadi satu usaha untuk UMKM lebih berkembang lagi agar menambah skill untuk lebih berkreasi selain membuat batik shibori sebelumya.