Ciptakan Inovasi, Hizbul Wathan Tarik Minat Generasi Muda

WIROBRAJAN - Sebanyak 51 orang pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Hizbul Wathan 1205 Kota Yogyakarta Periode Muktamar Ke-IV tahun 2023-2028 telah dilantik secara langsung oleh Sekretaris Kwartir Wilayah Edi Nusantara dan disaksikan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo, pada hari Minggu (31/3) di Aula Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. 

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengucapkan, selamat atas dilantiknya kepengurusan yang baru untuk tahun 2023-2028.

Ia berharap, dengan kepengurusan yang baru ini akan lebih bermanfaat dan dapat mewarnai kegiatan yang mendukung kualitas Hizbul Wathan khususnya di Kota Yogyakarta.

“Selamat atas dilantiknya kepengurusan yang baru. Saya berharap, akan jauh lebih baik, bermanfaat, dan menjadi pedoman untuk membimbing generasi muda. Sehingga perjuangan yang dilalui pemimpin yang dulu bisa terus terjaga,”jelas Singgih saat sambutan.

Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Hizbul Wathan 1205 Kota Yogyakarta Periode Muktamar Ke-IV tahun 2023-2028 saat di lantik pada hari Minggu (31/3) di Madrasah Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Menurutnya, Hizbul Wathan yang dirintis oleh dua tokoh yakni KH. Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri Muhammadiyah sekaligus inisiator hizbul wathan dan Pangeran Jendral Sudirman dapat tertular semangat juangnya kepada generasi muda saat ini.

“Saya menaruh harapan untuk perkembangan sumber daya manusia yang ada di Muhammadiyah. Saya berharap manfaat dari keanggotaan hizbul wathan ini akan terus diajarkan dan terus mendidik putra putri bangsa untuk lebih terampil,”ujarnya.

Tambahnya, dengan memberikan pemahaman pentingnya hizbul wathan pada generasi muda dengan rangkuman yang lebih menarik, menyenangkan, dan menantang, maka harapannya akan timbul adaptasi dan inovasi baru terutama dalam peningkatan kepengurusan hizbul wathan. Sehingga banyak yang ingin bergabung menjadi anggota maupun pengurus hizbul wathan.

“Saya berpesan kepada pengurus yang baru. Buatlah program semenarik mungkin agar mendapatkan perhatian lainnya. Sehingga banyak yang bergabung ke hizbul wathan. Selain itu, interaksi dan tantangan tentunya harus dijaga dengan  komunikasi dan toleransi yang baik agar organisasi utuh dan terjaga,”ungkapnya.

Puluhan pengurus diharapkan mampu mengemban amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kota Yogyakarta Periode Muktamar Ke-IV tahun 2023-2028, Ramanda Ahmad Rafandi mengungkapkan, akan terus memberikan yang terbaik untuk memajukan Hizbul Wathan di Kota Yogyakarta.

Selain itu, pihaknya berharap, kolaborasi dan sinergi baik didalam organisasi, persyarikatan ataupun kedinasan terus terjalin.

Sehingga mampu menjadikan pengurus Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kota Yogyakarta Periode Muktamar Ke-IV tahun 2023-2028 berjiwa tangguh dan saling bertoleransi.

“Saya berharap, dapat terus  meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan melibatkan kepemudaan maupun sumber daya dari pelajar kepanduan hizbul wathan. Sehingga seluruhnya berpartisipasi untuk menjadikan organisasi yang lebih baik lagi,”imbuhnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan sambutan setelah pelantikan.

Ia juga berpesan kepada anggota pengurus untuk menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan tugas pokok dari kwartir pusat dengan program-program yang sudah direncanakan.

“Saya berharap, geliat kegiatan kepanduan hizbul wathan ini meningkat dan seluruhnya bisa kita wadahi dengan tujuan menjadikan hizbul wathan diminati banyak kalangan dan lebih baik lagi ke depannya,”ungkapnya. (Hes)