Sinergi Pemkot-Polresta-Kodim Pastikan Kelancaran dan Keamanan Libur Lebaran

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta bersinergi dengan Kepolisian Resor Kota Yogyakarta (Polresta) dan Kodim 0734 Yogyakarta siap melakukan pengamanan Hari Raya Idulfitri. Kesiapan itu ditunjukkan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Progo” 2024 di Lapangan Balai Kota Yogyakarta pada Rabu (3/4/2024) pagi.

Peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Progo” 2024 antara lain dari Polresta Yogyakarta, Kodim 0734 Yogyakarta, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan Satpol PP Kota Yogyakarta. Termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Yogyakarta juga mengikuti apel. Dalam apel itu bertindak sebagai Inspektur adalah Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo.

“Hari ini kami mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Progo 2024, sebagai bagian dari kesiapan untuk pengamanan dan memastikan kelancaran selama libur lebaran dan Hari Raya Idulfitri,” terang Singgih saat ditemui usai Apel Ketupat Progo.

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat mengecek kesiapan pasukan.

Pihaknya mengatakan telah berkoordinasi dengan Polresta, Kodim 0734 serta stakeholder terkait untuk memastikan semuanya sudah siap untuk bertugas, dalam menjaga kelancaran dan keamanan semasa libur lebaran di wilayah Kota Yogya.

“Tentu kami sudah berkoordinasi untuk memastikan mulai dari TNI, Polri kemudian di sektor perhubungan, kesehatan, kebencanaan, pariwisata dan lainnya siap untuk memastikan keamanan dan kelancaran baik itu saat arus mudik, maupun arus balik sepanjang libur lebaran selama 13 hari mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024,” katanya.

Singgih juga menambahkan, khusus di sekitaran jalan Malioboro telah dilakukan simulasi terkait rekaya lalu lintas untuk menghindari kepadatan kendaraan. Termasuk dengan menerapkan car free night di sepanjang Jalan Malioboro.

“Kemarin kami sudah lakukan simulasi untuk rekayasa lalu di seputaran Jalan Malioboro. Intinya akan kami lakukan buka tutup ketika situasi memang mengharuskan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas,” tambahnya.

Forkopimda bersama pasukan dalam Apel Gelar Pasukan Ketupat Progo 2024.

Sejalan dengan itu Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol. Aditya Surya Dharma menyampaikan, ada sebanyak 560 personil dari Polresta yang akan diturunkan untuk bertugas dalam menjaga keamanan dan kelancaran pada momen Hari Raya Idulfitri 2024.

“Kami telah berkoodinasi dan juga ini kolaborasi bersama Pemkot, TNI dan pihak terkait untuk bertuas sesuai tugas pokok dan fungsingnya yang tergabung dalam Pos Terpadu yaitu di Pos Teteg Malioboro. Kemudian juga ada Pos Pengamanan Tugu Yogyakarta, Titik 0 KM, serta Pos Bonbin atau Gembira Loka,” jelasnya. (Jul)