Saka Pramuka Siap Dampingi Wisatawan di Kota Yogya

UMBULHARJO - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta baru saja melantik anggota dan dewan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Cabang Kota Yogyakarta masa bakti 2024-2026 yang diikuti 40 orang Anggota Saka Pariwisata, Rabu (3/4) di Pandanaran Hotel, Prawirotaman, Yogyakarta.

Puluhan anggota tersebut dilantik langsung oleh Ketua Saka Pramuka Tingkat Cabang Kota Yogyakarta Husni Eko Prabowo dan disaksikan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

Kegiatan ini sekaligus mengajak para pelaku usaha yang ada di Kota Yogyakarta untuk mengikuti Workshop Pengembangan Kapasitas SDM Pariwisata dengan tema ‘Komitmen untuk Pariwisata Kota Yogyakarta yang Ngangeni’.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 ini diprediksi sekitar 11,7 juta orang.

“Mari kita bersama-sama menguatkan barisan dan memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang datang. Sehingga wisatawan yang datang memiliki persepsi positif dan nantinya akan berkunjung, berbelanja dan menginap kembali ke Kota Yogyakarta,”jelas Wahyu Hendratmoko saat memberikan sambutan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan sambutan.

Ia berharap, anggota dan dewan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Cabang Kota Yogyakarta masa bakti 2024-2026 ini mampu memberikan layanan terbaik dan melakukan pendampingan informasi dengan baik. Sehingga wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta aman, nyaman dan menyenangkan.

“Nantinya anggota yang dilantik, selama 10 hari akan mendampingi wisatawan yang ingin mendapatkan informasi di posko Tourism Informasi Service (TIS) yang berada di dua titik di depan Plaza Malioboro dan sisi barat Museum Sonobudoyo,”ujarnya. 

Tambahnya, kegiatan pendampingan informasi ini diharapkan dapat didukung oleh unsur Pelaku Pariwisata seperti becak kayuh, andong, becak motor, pengelola hotel, pengelola restoran, pengelola toko oleh-oleh/cinderamata, pengelola destinasi wisata, pengelola kampung wisata, pemandu wisata, bahkan transportasi online yang ada di Kota Yogyakarta. 

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang telah membentuk Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Cabang Kota Yogyakarta masa bakti 2024-2026.

“Ini yang sudah lama saya tunggu-tunggu kehadirannya. Saya memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang membantu kelancaran pembentukan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Cabang Kota Yogyakarta,”ungkapnya.

Pelaksanaan pelantikan anggota dan dewan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Cabang Kota Yogyakarta masa bakti 2024-2026.

Ia berharap, puluhan anggota tersebut bisa bertukar pikiran bersama anggota Satuan Karya Pramuka Pariwisata dari kabupaten lainnya.

“Saya mengajak semua pelaku pariwisata ini untuk terus menjadikan Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, ramah dan ngangeni. Mari kita jaga ekosistem yang sudah bagus ini. Semoga di  hari lebaran semua menerima keberkahan dengan kedatangan belasan ribu wisata,”ungkapnya. (Hes)