Perempuan Lintas Usia Meriahkan Mbok Mlayu Peringati Hari Kartini

Pakualaman-Dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2024, Tim Penggerak PKK DIY menggelar event lari yang bertajuk Mbok Mlayu. Event yang diikuti ratusan perempuan dari berbagai komunitas ini digelar di Alun-alun Sewandanan, Minggu pagi (21/4/2024).

Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam X mengatakan Mbok Mlayu adalah sebuah event lari yang di khususkan untuk perempuan dari berbagai kalangan dan latar usia.

"Kami ingin memberikan apresiasi kepada seluruh perempuan hebat Jogja yang selalu ada untuk keluarga dengan tetap berkarya dan bahagia melalui event lari. Semua perempuan berhak sehat dan bahagia," ungkapnya. 

Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam X bersama Ketua TP PKK Kota Yogya saat mengikuti event Mbok Mlayu 2024.

Dipilihnya event lari ini lantaran olahraga ini adalah olahraga yang paling sederhana bagi kaum perempuan. "Kami ingin mengkreasi event yang baik, menarik, dan tentu membawa dampak positif bagi teman-teman perempuan di manapun berada," imbuhnya. 

Dalam event ini terdapat tiga kategori yakni kategori 10K lari, 5K lari, dan rute 2K jalan kaki. Untuk kategori 10K para peserta diajak meliantasi jalur yang berada diarea Gembiraloka Zoo (GL Zoo).

"Sementara untuk rute kategori 2K peserta diajak berkeliling seputaran Pakualaman, rute ini dibuat agar ramah bagi lansia," tandas Gusti Putri. 

Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam X bersama Ketua TP PKK Kota Yogya saat mengikuti event Mbok Mlayu 2024.

Ratusan peserta ini dilepas oleh Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo. Pihak pun kagum melihat banyaknya peserta perempuan yang mengikuti event Mbok Mlayu. 

Menurutnya kegiatan ini dapat menjadi hal baru bagi sebuah event sport di Kota Yogya bagaimana perempuan dari berbagai usia bisa ikut serta dan sehat bersama.

"Ini pertama kalimya di Kota Yogya, selain itu ini juga bisa sebagai media promosi Kota Yogya menjadi spot tourism yang wajib dikunjungi,” tambahnya.

Singgih berharap dengan adanya Mbok Mlayu, kaum perempuan dapat terinspirasi untuk terus menjaga hidup sehat agar bisa beraktivitas sehari-hari dengan lebih maksimal.

Salah satu peserta yang mengikuti event ini adalah Ketua TP PKK Kota Yogya, Atik Wulandari. Istri Penjabat Wali Kota ini mengikuti kategori 2K jalan kaki. 

Atik mengungkapkan dengan mengikuti event ini diharapkan para peserta akan menjadi lebih sehat baik jiwa dan raga.  Menurutnya lari menjadi salah satu bagian gaya hidup sehat, termasuk bagi perempuan yang membutuhkan dukungan kesehatan fisik dan mental yang prima.

"Kita akan semakin sehat dan tambah semangat untuk melakukan kegiatan-kegiatan selanjutnya," tandanya. (Han)