Bimtek Tata Kelola dan Penyusunan RBA BLUD Tahun 2024

BPKAD Kota Yogyakarta pada tanggal 23-24 April 2024 mengadakan Bimbingan Teknis Tata Kelola dan Penyusunan RBA BLUD di Ibis Style, Jl. Dagen Nomor 109 Yogyakarta.

Latar belakang diselenggarakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) ini yaitu masih belum adanya keseragaman pemahaman terhadap tata kelola dan penyusunan RBA BLUD sehingga mengakibatkan RBA BLUD disusun belum sesuai tatakala dan belum sesuai peraturan yang ada. Hal ini ditunjukkan dengan masih adanya BLUD yang belum menganggarkan seluruh SILPAnya pada RBA murni, masih belum dianggarkannya pendapatan lain-lain BLUD yang sah dan masih belum adanya penentuan ambang batas yang jelas, yang mengakibatkan RBA BLUD masih belum disusun tepat waktu.

Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan dan menseragamkan pemahaman pengelola BLUD, pembina teknis dan pembina keuangan BLUD terkait pola tata kelola BLUD terutama penyusunan RBA BLUD yang baik dan benar dari teori hingga tataran implementasi dengan harapan RBA BLUD dapat disusun tepat waktu dan sesuai ketentuan peraturan perundangan.

Bimtek Tata Kelola dan Penyusunan RBA BLUD ini diikuti oleh pegawai yang menangani perencanaan dari 23 BLUD, SKPD Pembina teknis dan BPKAD selaku pembina keuangan. Bimtek kali ini dibuka oleh Bapak Hari Wahyudi selaku Staff Ahli Bidang Administrasi Umum, beliau mengharapkan pengelolaan BLUD akan menjadi lebih baik, penyusunan RBA dapat disusun sesuai tatakala dan sesuai peraturan untuk mendukung penyusunan dokumen perencanaan dan penyusunan APBD di tingkat Kota Yogyakarta.

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui BPKAD akan terus berbenah untuk peningkatan pengelolaan keuangan yang lebih baik menuju Indonesia Emas.

#BPKADSiap