Focuss Group Discussion (FGD)  Penajaman Arah Kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2025-2045

Focuss Group Discussion (FGD) merupakan salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan diskusi terstruktur dengan topik tertentu dan dipandu seorang moderator. Dalam kaitannya dengan penyusunan RPJPD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2045, FGD ini dilakukan sebagai tindak lanjut Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD yang telah dilaksanakan pada 2 April yang lalu. FGD ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari narasumber pembahas dan stakeholder terkait dalam menyempurnakan Rancangan Akhir RPJPD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2045, yang akan menjadi arah Pembangunan Kota Yogyakarta dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.

FGD Penajaman Arah Kebijakan RPJPD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2045 dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, (24 -25/04/2024) bertempat di Greenhouse Boutique Hotel Jl. Prawirotaman II No. 629 Brontokusuman Yogyakarta. Penyelenggaraan FGD terbagi dalam 4 bidang yaitu Bidang Perekonomian, Bidang Sosial, Bidang Infrastruktur serta Bidang Pemerintahan dan Teknologi Informasi. Pada setiap bidang dihadiri oleh Tim Tenaga Ahli dari Universitas Gadjah Mada, Akademisi, perangkat daerah serta stakeholder terkait sesuai masing-masing bidang.

Pelaksanaan FGD dimulai dengan pemaparan dari Tim Tenaga Ahli dari UGM terkait update penyusunan RPJPD Kota Yogyakarta tahun 2025-2045. Dilanjutkan penjelasan terkait Visi yaitu “Terwujudnya Kota Yogyakarta yang Unggul, Maju, dan Berkelanjutan dengan Berlandaskan Kebudayaan dan Nilai-Nilai Keistimewaan”. Kalimat visi ini selanjutnya dijabarkan dalam Misi Pembangunan, Arah Kebijakan serta Sasaran Pokok Pembangunan selama 20 tahun ke depan. Pemaparan tersebut selanjutnya ditanggapi oleh para ahli yakni Bidang Perekonomian, Dr.Murti Lestari, M.Si dan Dr.Amiluhur Soeroso,M.M,M.Si, CHE.; Bidang Sosial, Dr.Andri Kurniawan, S.Si, M.Si dan Dr.Ambar Teguh Sulistyani,M.Si.; Bidang Infrastruktur, Dr.Revianto Budi Santoso dan Dr.-Ing. Ir. Paulus Bawole, MIP.; serta Bidang Pemerintahan dan Teknologi Informasi,  Dr.Nurhadi Susanto,SH,M.Hum dan  Prof.Ir.Lukito Edi Nugroho,M.Sc.,Ph.D. Masukan dari para narasumber serta peserta FGD, diharapkan dapat menjadi input dalam penyempurnaan dokumen RPJPD Kota Yogyakarta Tahun 2025-2045.