PELATIHAN DESAIN GRAFIS DI KAMPUNG MUJA MUJU

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar. Mengapa bisa begitu? Yah, tak lain tak bukan karena teks juga merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Oleh itulah, terkadang kita juga bisa menikmati sebuah seni visual grafis yang tidak berupa gambar, tapi serangkaian huruf yang dibentuk dengan indah. Saat ini, desain grafis lebih dikenal dengan “desain komunikasi visual” atau biasa disingkat dengan sebutan DKV. Disebut seperti itu karena peran desain grafis dalam mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada audiens dengan cara sentuhan visual yang sangat kental, seperti: warna, ilustrasi, tipografi, garis dan sebagainya. Bahkan, desain grafis sering dikategorikan sebagai commercial art karena merupakan paduan antara seni rupa dengan komunikasi untuk tujuan bisnis. Ketatnya kompetisi di bidang industri dan jasa, belum lagi ditambah dengan perkembangan informasi dan teknologi yang kayaknya sudah tidak dapat dibendung lagi itu, menjadikan desain grafis semakin dibutuhkan. Apalagi, dalam tingkat industri. Mengapa bisa begitu? Alasannya, tak lain dan tak bukan, karena jika informasi atau komunikasi persuasif disampaikan dalam bentuk yang biasa saja, tentu tidak akan menarik perhatian. Oleh karena itu, kreativitas seorang desainer grafis mutlak diperlukan.

Dalam rangka menghadapi persaingan global, Indonesia dituntut agar menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas yang dibekali dengan keterampilan serta berkarakter. Hal ini akan menjadikan daya saing bangsa Indonesia semakin di perhitungkan dikancah pergaulan dunia. Salah satu upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut adalah dengan menyediakan sarana pembelajaran yang dibutuhkan masyarakat.

Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas DIY berupaya meningkatkan kualitas kinerja masyarakat untuk menghadapi persaingan kerja . Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas DIY memberikan pelatihan Desain Grafis kepada warga Kampung Muja Muju, Kelurahan Muja Muju, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Pelatihan tersebut berlangsung selama 27 hari dengan instruktur 3 orang dan peserta sebanyak 20 orang. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok dengan fasilitas tiap kelompok mendapatkan laptop, mesin cutting, pres pemanas, printer DTF dan bahan-bahan produksi.

Pelatihan berlangsung di Gedung Universitas Teknologi Yogyakarta.