Komunitas Sepeda Meriahkan Yogowes Monalisa

GONDOKUSUMAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta kembali menggelar giat bersepeda bersama bertajuk Yogowes. Kegiatan ini dalam rangka menikmati Kota Yogyakarta dengan mengelilingi Jalur Sepeda Wisata (Monalisa) pada hari Sabtu (27/4). 

Pada kesempatan ini Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo ikut dalam acara gowes bersama puluhan komunitas sepeda. 

Berangkat dari kantor Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pukul 07.00 WIB rombongan ini langsung menuju Jalan Gayam melewati Galeria ke Barat di lanjutkan ke Tugu Jogja dan berhenti sejenak di Hotel Fave dan finish di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Singgih mengatakan, jalur Monalisa menjadi daya tarik tak hanya bagi warga Kota Yogyakarta tetapi juga bagi wisatawan.

Dimana pada jalur Monalisa ini terdapat banyak kekhasan mulai dari seni budaya, kuliner, hingga kampung wisata saat mengitarinya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan sambutan dan melepas para puluhan komunitas bersepeda di depan Kantor Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Sabtu (27/4).

“Harapannya, para pesepeda ini dapat menikmati dan berhubungan baik dengan komunitas-komunitas lain,”ujarnya.

Ia juga berpesan kepada para pesepeda untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menerapkan memilah dan mengolah sampah di rumah.

“Sampah ini tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah saja, sebab pemerintah tidak bisa menyelesaikan misi ini sendirian. Maka saya harap semua ikut memilah dan mengolah sampah dari hulunya. Sehingga terbuang hanya residu agar Kota Yogyakarta terlihat cantik bagi wisatawan maupun penghuni Kota Yogyakarta,”jelas Singgih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengungkapkan, Yogowes Monalisa menjadi ajang untuk mendukung dan mendorong pembangunan Kota Yogyakarta dari sisi pariwisatanya.

Rombongan komunitas bersepeda saat mengikuti Yogowes Monalisa.

Ia berharap, dengan semakin banyak yang ikut dalam kegiatan tersebut, maka semakin banyak daya tarik wisata yang bisa diunggulkan lewat Yogowes Monalisa.

“Harapannya wisata di wilayah Kota Yogyakarta selalu ramai dan semakin ramai lewat Yogowes Monalisa. Selain itu, kegiatan Yogowes ini juga menjadi salah satu ajang untuk mempopulerkan kembali kegiatan bersepeda di Yogyakarta,”ungkapnya.

Wahyu menambahkan, akan banyak wisatawan yang tertarik untuk datang dan bahkan mengikuti paket wisata yang sudah disediakan oleh berbagai pihak untuk menikmati Kota Yogyakarta dengan bersepeda.

"Dengan Yogowes Monalisa ini, warga maupun wisatawan akan dimanjakan dengan suasana Kota Yogyakarta dan juga ikut berkegiatan olahraga dengan bersepeda bersama komunitas yang ada,”imbuhnya. (Hes)