2024 Tiga Program Unggulan KORPRI Kota Yogya Siap Dilaksanakan

Gedong Tengen - Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Yogyakarta menggelar Rapat Kerja Tahunan pada Kamis (2/5/2024) di Royal Dharmo Hotel untuk mengevaluasi program di tahun 2023 dan merencanakan program yang akan dilakukan di tahun 2024.

Sekda Kota Yogya Aman Yuriadijaya, yang juga sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Yogya menyampaikan Korpri adalah wadah bagi ASN untuk pengembangan dan pembinaan diri di luar struktur kerja, dengan misi menyejahterakan anggotanya.

"Peta jalan perencanaan program Korpri pada dasarnya akan dituangkan dalam program kerja untuk kesejahteraan anggota baik secara lahir maupun batin. Dengan semangat persaudaraan dan prinsip Bhineka Karya Abdi Negara, yang dimaknai bahwa meskipun dalam struktur kerja formal berbeda-beda tapi ujungnya adalah untuk kepentingan abdi negara," ujarnya.

Rapat Kerja Tahunan Korpri 2024.

Sejalan dengan itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang juga sebagai Sekretaris Dewan Korpri Kota Yogya, Dedi Budiono mengatakan di tahun 2023 telah diraih penghargaan Anugerah KORPRI Award sebagai Kepengurusan Terbaik di tingkat nasional.

"Beberapa program yang punya nilai besar hingga membawa Korpri Kota Yogya meraih penghargaan tersebut adalah terkait Kampung Korpri Bhakti Pangemban Praja, kemudian Kartu Anggota yang juga berfungsi sebagai ATM, Bazar Korpri, juga kegiatan minat bakat dan sosial lainnya, yang benar-benar menggambarkan bagaimana seharusnya Korpri menjadi wadah berekspresi para anggotanya," katanya.

Pihaknya menjelaskan di tahun 2024 ini ada tiga program unggulan yang akan dilakukan Korpri Kota Yogya. Pertama adalah meneruskan pengembangan program Kampung Korpri Bhakti Pangemban Praja, meluncurkan program Manajemen Retail ASN dan Pemasangan Prasasti Korpri Reborn. 

"Kampung Korpri akan kita lanjutkan di tahun 2024, kemudian Manajemen ASN Retail yang sasarannya juga ke keluarga para anggota dan nantinya akan dikolaborasikan dengan Koperasi Wiwara. Kemudian juga ada pemasangan prasasti Korpri Reborn di tiap perangkat daerah sebagai penanda atas semangat dan solidaritas kita untuk memajukan Korpri Kota Yogya," terangnya.

Diskusi Bidang dalam Rapat Kerja Tahunan Korpri 2024.

Sementara itu Inspektur Inspektorat yang juga Kepala Bidang Pengendalian Korpri Kota Yogya Fitri Paulina Andriani menyampaikan, program di tahun 2023 telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan timeline. Namun tentunya ada beberapa hal yang harus semakin ditingkatkan agar bisa lebih baik lagi. 

"Untuk program kerja dari seluruh bidang sudah sesuai dengan apa yang direncanakan, tapi ada beberapa hal yang harus segera dilakukan yaitu terkait peran kepengurusan karena beberapa anggota ada yang sudah purna tugas, sehingga struktur organisasi dan surat keputusan juga harus diperbarui. Selain itu juga menambahkan pengurus Korpri dari angkatan muda, supaya regenerasi terus berjalan," ungkapnya. (Jul)