Wawali Dorong ICEF Sebagai Media Tukar Informasi Pendidikan

SMAN 1 Yogyakarta kembali menggelar event tahunan International Culture and Education Fair atau ICEF 2017. Di tahun kelima ini, ICEF 2017 digelar selama dua hari, sabtu-minggu (15-16/11/2017) bertempat di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama.

Acara yang digadang sebagai media informasi perguruan tinggi dalam dan luar negeri inipun mendapat sambutan hangat dari Wakil Wali Kota Yogyakarta, Hereo Poerwadi.

Heroe meminta agar ivent seperti ICEF ini digelar lebih intens, baik secara kuantitas maupun kualitas. Ia menilai ICEF sebagai ivent positif yang akan memberikan wawasan bagi para pelajar untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikannya kedepan.

“Supaya siswa-siswi Kota Yogyakarta dapat bergerak maju bersama dengan generasi muda lainnya dari seluruh Indonesia maupun dunia melalui pengembangan wawasan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.

Heroe menegaskan bahwa ICEF sebagai jendela informasi sangat berperan besar bagi para pelajar. Sehingga, sambungnya, para pelajar mampu mengikuti arus informasi yang kian cepat ini.

Ia mengkaitkan ivent tersebut dengan peran Kota Yogyakarta sebagai salah satu Kota pelopor inovasi di Indonesia. Yogyakarta selalu menjadi kota pelopor atau perintis dalam hal pengembangan pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi di Indonesia.

“Berbagai inovasi di bidang pendidikan banyak yang diawali dari Kota Yogyakarta,” tandasnya.

Namun ia juga mengingatkan, ditengah perkembangan arus globalisasi dan peran Yogyakarta sebagai pelopor inovatif agar para pelajar tetap memegah teguh karakternya sebagai orang yogyakarta.

“Kultur di Yogyakarta ini adalah kultur untuk maju, orang Yogya memiliki perilaku istimewa yakni kalem dan confidence,” ucapnya.

Heroe berharap ICEF 2017 bisa menjadi media pertukaran budaya serta ilmu pengetahuan, yang nantinya akan menciptakan simpul-simpul jejaring informasi yang akan memudahkan setiap kerja usaha kita di kemudian hari.

Ketua Paniti Asta Darmawan menuturkan, ICEF 2017 ini adalah program SMAN 1 Yogyakarta yang digelar setiap tahun. Dan ivent tahun merupakan tahun kelima.

“Selain memeriahkan lustrum ke-12 SMAN 1 Yogyakarta, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyampaikan informasi perguruan tinggi dalam dan luar negeri,” urainya.

Selain itu, juga memberikan bekal dan gamabaran kepada calon siswa yang akan masuk perguruan tinggi, memperluas, wawasan dan cinta tanah air dengan keberagamannya.