PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA DICONTOH KABUPATEN SAMBAS

Sejumlah  delapan puluh dua orang dari Kabupaten Sambas Kalimantan Barat,  berkunjung ke Pemerintah Kota Yogyakarta untuk belajar pelayanan dibidang kesehatan. Rombongan yang dipinpin langsung oleh Bupati Sambas, H. Atbah Rohmin Suhaili, LC, ini diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Hj. Titik Sulastri di Ruang Bima Balaikota Timoho, Kamis (19/10).

Dikatakan Atbah,   pada hakekatnya pelayanan kesehatan merupakan sebuah dimensi kemanusiaan, serta penuh dengan semangat pengabdian, karena itulah beragam gambaran, kritik, saran, maupun pujian yang tertuju kepada layanan kesehatan sebagai salah satu pelayanan pemulihan kesehatan individu, ataupun masyarakat senantiasa muncul ditengah masyarakat, hal inilah yang melandasi Bupati Sambas berkunjung ke Kota Yogyakarta, untuk mengetahui secara dekat pelayanan kesehatan Puskesmas maupun rumah sakit di Kota yogyakarta,

Menurut Atbah, kunjungan di Kota Yogyakarta ini tidak saja mendengarkan program yang diterapkan di Puskesmas maupun Rumah sakit, namun cenderung ke lapangan secara langsung. “ Kami sengaja mengajak semua unsur yang melayani bidang kesehatan, agar tidak saja mendengar program yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, namun kami pingin secara langsung melihat dilapangan, bagaimana pelayanan yang diberikan Pemerintah Kota kepada masyarakat, baik pelayanannya, maupun penanganan kesehatan di Puskesmas Jetis maupun Puskesmas Matrijeron”, kata Bupati Sambas.

Menanggapi Maksud dan Tujuan Kabupaten yang berbatansan langsung dengan Malaysia ini, sekretaris Kota Yogyakarta mengatakan, pada prinsipnya kritikan yang dilontarkan oleh warga masyarakat, tidak membuat resah, namun sebagi cambuk untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, sebab masyarakat semakin dewasa dan cerdas dalam mengutarakan hak-haknya pada pelayanan kesehatan.

Dikatakan Titik Sulastri, ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, terlepas dari pro kontra didalamnya, mencuatnya ketidakpuasan tersebut membuat teguran bersama guna menghadirkan semangat pelayanan yang profesional. Berbudaya, dan humanis. Pemerintah Kota Yogyakarta bersyukur telah mampu menyediakan layanan kesehatan yang bermutu dan mudah didapatkan setiap saat, namun dengan biaya yang relatif terjangkau untuk seluruh lapisan Masyarakat.

Ditambahkan, saat ini Kota Yogyakarta terdapat dua Puskesmas Akreditasi Paripurna yaitu Puskesmas Mantrijeron dan Tegalrejo, sedangkan Puskesmas akreditasi Utama yakni, Puskesmas Gondomanan, Gondokusuman 1, dan Danurejan 1 dan Puskesmas Akreditasi Madya yaitu Puskesmas, Mergangsan, Gedongtengen dan Danurejan 2.

“ Sebagai informasi tambahan beberapa waktu yang lalu, baru saja dilakukan proses akreditasi bagi 3 Puskesmas yakni Puskesmas Kraton, Ngampilan, dan Puskesmas Pakualaman. Kami berharap melalui kunjungan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan kedua darah, sehingga kedepannya kita dapat mewujudkan pelayanan kesehatan profesional yang bermuara pada peningkatan derajat kesehatan Masyarakat”, kata Titik. (And)