Kenduri Jogja Tandai Hari Jadi Yogyakarta ke-261

Menyambut ulang tahun ke-261 Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta jum’at (6/10) menggelar acara Kenduri Jogja di Gtha Balai Kota. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Haryadi Suyuti mengajak seluruh perangkat kerja Pemkot dan masyarakat untuk introspeksi diri.

Berbeda dengan kenduri sebelumnya, tahun ini kenduri dikemas lebih sederhana namun lebih menekankan pada khusuknya doa. Kenduri dihadiri seluruh SKPD, Lurah, Camat,  LPMK dan Ketua DPRD Kota Yogyakarta.

Turut hadir ditengah kenduri tersebut pengasuh masjid Jogo Karyan KH. Muh Jazir. Selain melantunkan doa, Ia juga mengisahkan berdirinya Kota Yogyakarta, sekaligus mengajak untuk memegang teguh sejarah sebagai dasar membangun Kota Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengatakan, Kenduri Jogja bertujuan memperteguh sinergitas antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dengan satu tujuan memajukan Kota Yogyakarta. Ia juga mengajak kepada seluruh perangkat kerja untuk ikhlas dan fokus terhadap pekerjaan.

“Marilah kita ikhlas dalam bekerjas, ikhlas dalam melayani masyarakat. Semangat membangun Jogja, semua lapisan kerjas harus bekerja bersama untuk bisa meningkatkan kualitas hidup warga kota yogyakarta. Bekerja sungguh-sungguh serius membangun kota yogyakarta sebagai rumah tangga kita semua,” tandasnya.

Walikota juga menyinggung tentang kegiatan selasa wage di malioboro yang baru-baru ini ia lakukan. Ia mengaku terharu dan mengapresiasi para padagang dan pelaku usaha yang bersedia mengikuti kegiatan tersebut.

Namun Ia menepis anggapan bahwa kegiatan tersebut sebagai tindakan pengosongan malioboro. Walikota menegaskan justru pelaku pedangan inilah yang bersedia mengosongkan malioboro sejenak.

“Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada masyarakat, kerelaan tersebut mahal. Malioboro tempat berdagang tanpa henti namun mereka mau istirahat sejenak dan tidak ada menyoal ganti rugi. Ini luar biasa,” tandasnya.

Ia mengaku mengawali ini sejak lima tahun yang lalu dan pada akhirnya di hari jadi ke 261 program tersebut bisa dilakasanakan. “Dan semoga ini bagian dari komitmen kita bersama antara pedagang dan pemerintah,” imbuhnya. (Tam)