Festival Kampung Wisata 2017 Meriah

Selama tiga hari sejak tanggal 2 Oktober lalu 17 Kampung Wisata di Kota Yogyakarta  mengikuti festival kampung wisata yang di gelar di XT Square, dalam festival ini 17 kampung wisata tersebut  menampilkan berbagai potensi seperti kuliner, kerajinan, seni budaya dan atraksi bregada masing masing kampung wisata.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang pada kesempat tersebut menutup acara festival kampung wisata sangat mengapresiasi penghargaan setinggi-tingginya kepada Forum Komunikasi Kampung Wisata Kota Yogyakarta.

Menurutnya keberadaan kampung wisata sebagai salah satu daya tarik utama pembangunan pariwisata di Kota Yogya memiliki peranan penting dalam turut serta menggerakkan perekonomian.

“Terutama karena aktivitas kampung wisata melibatkan berbagai unsur masyarakat dari berbagai kalangan, tanpa memandang usia, latar belakang ekonomi sosial budaya” katanya di lokasi, Rabu malam (5/10).

Selain itu, lanjutnya, keberadaan kampung wisata juga bisa membantu memperluas lapangan kerja, sebagai jalan keluar bagi peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat, serta menjadi wahana bagi masyarakat untuk mengembangkan segenap potensi seni budaya, kerajinan dan kewirausahaan.

“Setiap warga yang memiliki potensi dapat ikut berperan serta mengembangkan kampung wisata, agar dapat lebih memiliki daya tarik dan nilai jual sebagai tujuan kunjungan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara” ungkapnya.

Ia berharap ke depan semakin banyak kampung-kampung wisata dikembangkan untuk lebih menggerakkan berbagai lapisan masyarakat, agar dapat menikmati benefit serta memanfaatkan peluang yang ada dari dinamika pariwisata di Kota Yogyakarta.

“Saya berharap dengan adanya event ini akan semakin menarik minat masyarakat luas untuk menikmati kuliner, serta sajian dan hiburan menarik lainnya yang ditawarkan oleh manajemen sehingga bermuara pada peningkatan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara bagi XT Square, serta pada umumnya juga bagi Kota Yogyakarta" harapnya. (Han)