Launching Program Yogya Semesta Masuk Desa di Karangwaru Riverside

Dalam rangka menindaklanjuti Dawuh Ngarso Dalem Sri Sultan HB X pada acara Yogya Semesta Seri 100 bulan lalu, maka pada seri 101 acara Dialog Budaya dan Gelar Seni Yogja Semesta dilaksanakan di panggung terbuka Karangwaru Riverside pada hari Selasa malam (26/9).

Dialog budaya ini biasanya dilakukan di Bangsal Kepatihan, Komplek Kepatihan namun agar dapat lebih “membumikan” tujuan dari dialog tersebut kepada masyarakat dipilihlah tempat di kelurahan Karangwaru, tepatnya Karangwaru Riverside.

Turut hadir pada acara malam itu Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, wakil ketua DPRD DIY, Sekretaris Daerah DIY, Direktur Utama BPD DIY, rektor Universitas Gadjah Mada, Wakil Walikota beserta jajaran struktural Pemerintah Kota Yogyakarta, Camat dan Lurah, serta tokoh masyarakat.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap agar acara Yogya Semesta menjadi media bagi seluruh perangkat desa/kampung bersama dengan warga untuk berdialog serta membahas masalah yang ada di desa/kampungnya untuk bersama-sama mencari solusi masalahnya.

“Dengan adanya kegiatan Yogya Semesta ini saya harap bisa menghidupkan UKM bidang kerajinan, seni budaya yang dimiliki warga masyarakat, serta  kuliner tradisional yang  ada di masyarakat. Juga meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar,” katanya.

Pembiayaannya dapat dilakukan secara swadaya, atau dapat diajukan lewat anggaran Danais. Sultan menegaskan akan memfasilitasi mengenai masa depan Karangwaru yang wilayahnya dikelilingi sungai.  Secara simbolis Sultan menerima pohon waru dari Wanagama yang nantinya akan ditanam di Karangwaru serta wayang yang terbuat dari limbah hasil karya warga setempat.

Lurah Karangwaru, Suhardi yang ditemui di sela acara menyampaikan terima kasihnya atas perhatian yang diberikan Ngrso Dalem kepada kelurahan Karangwaru. “Wejangan maupun arahan dari Ngarso Dalem akan menjadi cambuk bagi seluruh komponen masyarakat untuk menciptakan Karangwaru Nyaman Huni yang juga menjadi visi kelurahan Karangwaru, “ kata Suhardi.

Di tempat lain, Camat Tegalrejo Sutini Sri Lestari mendorong komponen masyarakat Karangwaru untuk segera membuat program tindak lanjut terhadap arahan dari Ngarso Dalem.

“Kecamatan akan memfasilitasi kegiatan guna mendorong perkembangan Karangwaru menuju Karangwaru Nyaman Huni, sekaligus memberdayakan wilayah menuju kampung wisata. Karena modal utama telah tersedia, yaitu Karangwaru Riverside,” ujar Camat Sutini.

Untuk menciptakan Karangwaru menjadi tujuan wisata, tentunya wejangan dari Ngarso Dalem menjadi pendorong utama dan kehadiran Pokdarwis Kecamatan sebagai wadah pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat sekitar kampung/kelurahan wisata akan sangat membantu.

 

Hery Dendi selaku pelaksana sekaligus pengasuh acara Yogya Semesta menambahkan kan kegiatan ini telah dilangsungkan sejak tahun 2007 dan menghadirkan lebih kurang 200 tokoh dalam setiap pelaksanaannya. (Kurniawan Sapta Margana)