Taiwan Bidik Kerjasama Pendidikan Dengan KotaYogya

Merasa dekat dengan Indonesia, teruma dengan Kota Yogyakarta, 20 rombongan delegasi dari Taiwan ingin menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. 20 rombongan tersebut diterima oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di aula SMPN 5 Yogyakarta, Selasa (19/9).

Deputy Secretary General Taiwan, Tsai Po Ying  mengatakan jika kedatangnnya ke Kota Yogya bermaksud ingin menjalin kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Taiwan. “Apalagi beberapa kota di Taiwan sangat mirip dengan kondisi geografis kota Yogya” katanya.

Menurutnya walaupun secara geografis Taiwan pulau kecil dengan penduduk sekitar 23 juta, hubungan dan kerja sama dengan Indonesia semakin erat dan diharapkan semakin meluas pada bidang-bidang lainnya.

Ia menambahkan, jika masyarakat Indonesia di Taiwan juga turut membantu menguatkan kerja sama bilateral ini, bahkan telah melahirkan banyak generasi kedua dari percampuran pernikahan kedua masyarakat.

Saat ini jumlah pelajar Indonesia di Taiwan 4.394 orang yang terdiri atas 2.745 tingkat sarjana, magister dan doktoral, 227 siswa pertukaran pelajar dan 1.442 siswa yang belajar Bahasa Mandarin.

"Para siswa dan tenaga kerja Indonesia yang belajar dan bekerja di Taiwan adalah jembatan komunikasi dan budaya antara Indonesia dan Taiwan," katanya

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap dengan adanya kunjungan delegasi Taiwan ke Kota Yogya bisa lebih meningkatkan hubungan kerjasama antara keduanya. Khususnya kerjasama dibidang perdagangan, Pendidikan dan kebudayaan.

"Tentunya dengan adanya kerjasama dibidang industri perdagangan, keduanya bisa saling menguntungkan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk keduanya," ujarnya. (Han)