Pentas Rakyat Kecamatan Mantrijeron  Dapat Apresiasi Wakil Walikota dan Warga

Pentas Rakyat dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-261 Kota Yogyakarta di Kecamatan Mantrijeron  diselenggarakan selama tiga hari bertuturut  dari tanggal 15 – 17 September. Tiga kelurahan yang berada di wilayah kecamatan Mantrijeron yakni  kelurahan Mantrijeron, Gedongkiwo, dan Suryodiningratan secara bergantian menampilkan potensi  sosial, ekonomi dan budaya  yang mereka miliki.  Pentas Rakyat ini berjalan cukup meriah dan  mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Heroe merasa bangga karena semua potensi seni dan budaya  yang dimiliki oleh warga Mantrijeron ditampilkan pada iven pentas rakyat. “Alhamdulilah, segala potensi yang ada di Mantrijeron bisa muncul semua, baik dari anak-anak, ibu ibu, remaja bahkan yang sepuh sepuh juga tampil. Segala potensi ekonomi juga muncul semua,” ujar Wakil Walikota di arena Pentas Warga di pinggir Lapangan Minggiran Mantrijeron, Sabtu, (16/09/17) malam.  Heroe menambahkan semua yang dipersembahkan oleh warga adalah kado istimewa bagi ulang tahun ke-261 Kota  Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 07 Oktober 2017 nanti.

Tema HUT Kota adalah Bersama Membangun Jogja. Heroe meyakini , kalau warga kota Jogja secara bersama bergotong royong, guyub rukun, mengutamakan kebersamaan  maka apa yang dicita-citakan bersama akan mudah tercapai. “Kalau kita warga kota Jogja secara bersama bergotong royong, guyub rukun, mengutamakan kebersamaan  maka insya’allah apa yang dicita-citakan bersama akan mudah kita capai,” ujar Heroe.

Heroe menambahkan berkenaan dengan momentum HUT ini Pemkot Yogyakarta mendorong semua kelurahan  di wilayah Kota Yogyakarta untuk  menyajikan semua potensi yang ada di wilayahnya, baik potensi sosial ekonomi maupun seni budaya.

Menurut Heroe yang diinginkan adalah dengan menggelar potensi yang ada, warga bisa sering bertemu, berdiskusi dan menyelesaikan berbagai masalah diantara warga. “Kita ingin guyub rukun gotong royong menjadi azas yang selalu hidup di setiap warga di kota Yogyakarta ini,” tambah Heroe.

Heroe juga meminta warga untuk menyukseskan rangkaian peringatan HUT Kota Yogyakarta hingga pada puncaknya nanti tanggal 017 Oktober 2017 dengan digelarnya  acara puncak yang diberi nama Wayang Jogja Ningth Carnival yang digelar dari jembatan Gondolayu menuju Tugu Pal Putih dan sekitarnya.

Sementara itu, Camat Mantrijeron Guritno mengatakan kecamatannya menggelar Pentas Rakyat dalam rangka HUT Kota Jogja ke-261 selama tiga hari berturut turut. Selama tiga hari itu tiga  kelurahan di wilayahnya secara bergantian menampilkan semua potensi yang dimiliki. Warga yang tergabung dalam  UMKM juga  menampilkan potensi ekonomi  di bazar dan pameran potensi ekonomi di yang dibangun di pinggir lapangan. Sedangkan  untuk potensi seni dan budaya, warga  disilakan untuk menampilkan potensi mereka di panggung hiburan yang telah disiapkan.

Guritno menyampaikan ada beberapa acara unggulan yang ditampilkan di panggung kesenian antara lain Wayang Jemblung, Jatilan Kusumajati, Band diantaranya Kelompok "Jogja Plus" yang menampilkan lagu lagu KOes Plus,  Tarian Nusantara, aneka tarian klasik dan moderen. Selain itu bregada prajurit Niti Manggala dan Mantrijero juga ikut meramaiakn dengan melakukan kirab.

Menurut Guritno animo warga masyarakat menyambut gelaran pentas rakyat  ini sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang untuk menonton dan membelanjakan uang mereka di arena pameran.  (@mix)

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''

(Keterangan gambar: Wakil Walikota Heroe Poerwadi mengujungi salah satu stand pameran Pentas Rakyat Joga)