Idul Adha 1438 H, BPD DIY dan Bank Jogja Serahkan Hewan Kurban ke Pemkot

Pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah ini Pemerintah Kota Yogyakarta menerima bantuan tiga hewan kurban berupa sapi. Masing-masing dari Bank Jogja, BPD DIY cabang Senopati dan dari Gubernur DIY. Rencananya hewan kurban tersebut akan disembelih pada senin (4/9) dan akan dibagikan ke sejumlah warga dan karyawan diseluruh SKPD.

Sehingga total pada tahun ini Pemkot akan menyembelih delapan ekor sapi, 4 diantaranya adalah dari APBD, dan1 ekor iuran SKPD.

“Idul Adha adalah momentum bagi kita untuk semangat memberi dan peduli kepada sesama, dan ini harus selalu ada dalam jiwa kita dalam kehidupan sehari-hari,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi usai menerima hewan kurban dari Bank Jogja di halaman Masjid Diponegoro, minggu (3/9) sore.

Heroe mengingatkan kepada Sohibul Qurban agar mencontoh keikhlasan berkorban seperti yang diteladankan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS “Betapa besar ketaatan Nabi Ibrahim sehingga perintah menyembelih putra kesayangannya, Ismail dilaksanakan dengan penuh keikhlasan, tapi tetap beliau laksanakan demi kecintaan dan ketakwaan kepada Sang Khaliq” tandasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto menambahkan, delapan sapi tersebut sudah melalui proses pengawasan kesehatan yang ketat dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.

Ia juga memastikan bahwa delapan sapi tersebut sudah dikalungkan label berwarna kuning sebagai tanda bahwa sapi dalam kondisi aman untuk dikonsumsi. Ia berharap semua hewan kurban memenuhi prinsip aman sehat utuh dan halal (ASUH).

“Kita lihat semua sapi tersebut sudah dikalungkan tanda sertifikasi, itu sebagai tanda kalau sudah dinyatakan aman untuk disembelih,” jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan BPD DIY Cabang Senopati Wahyu Wijanarko berharap hewan kurban ini bisa menjadi perekat hubungan masyarakat Kota Yogyakarta. Ia pun akan berusaha agar tahun depan bisa memberikan hewan kurban lagi untuk Pemkot Yogyakarta. (Tam)