Roadshow Penguatan Organisasi Kepemudaan di Wilayah Kecamatan Pakualaman

Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Kecamatan Pakualaman mengadakan Roadshow Penguatan Organisasi Kepemudaan, Selasa (22/8), di Pendopo Samiaji Kecamatan Pakualaman, dengan tema ‘Semangat Nasionalisme untuk Pemuda Pakualaman’.

Roadshow bertujuan mewadahi kegiatan-kegiatan kepemudaan di wilayah (kecamatan) serta menjadi jembatan program kerja di wilayah dengan kegiatan yang ada di Dispora Kota Yogyakarta, dengan sasaran, kelompok pemuda yang belum memiliki wadah.

Roadshow sangat menarik antusias pemuda di wilayah Kecamatan Pakualaman. Hal ini terbukti dengan membludaknya peserta yang hadir, hingga luar Pendopo.

Saat memberikan sambutan, Camat Pakualaman, Sumargandi, menuturkan, dalam wilayah Kecamatan Pakualaman terdapat Kadipaten Puro Pakualaman yang di dalamnya memiliki nilai-nilai luhur.

“Pakualaman memiliki nilai-nilai yang baik dan masih menjunjung tinggi nilai budaya, kesopanan, budipekerti, sopan santun, yang patut dicontoh dan dibiasakan di kehidupan sehari- hari oleh kita para pemuda. Seperti penggunaan Bahasa Jawa krama yang perlu dibiasakan. Awalnya memang akan kikuk, tapi semakin lama menjadi hal biasa,” ujar Camat.

Menurutnya, pemuda-pemudi di Kota Yogyakarta dapat berperan memperteguh Yogyakarta sebagai kota yang layak dan nyaman huni, meskipun menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Yogyakarta termasuk miskin, tapi Indeks Kebahagiaannya tinggi.

“Terkait dengan bidang kesehatan, peran pemuda dapat diwujudkan dengan berperan aktif dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Selain itu, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengkonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin,” tutup Sumargandi.

Pada kesempatan sama, anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Ratih Dewi Setiawan, mengatakan bahwa di dalam organisasi yang kuat terdapat individu yang kuat, sementara di dalam individu yang kuat terdapat disiplin dan mimpi yang besar.

“Selagi muda, bermimpilah yang besar, karena mimpi itu gratis,” tandas Ratih Dewi.

Roadshow diakhiri dengan pembentukan Forum Silaturahmi Pemuda Wilayah sekaligus pemilihan pengurus. Perwakilan Kelurahan Purwokinanti, Okto, terpilih sebagai Ketua. (Hardiana Pratiwi/Kecamatan Pakualaman)